Tiga Perempat CEO Memprediksi Ekonomi Akan Kembali Tumbuh pada 2021

BISNIASIA.CO.ID, JAKARTA – Satu tahun setelah COVID-19 dinyatakan sebagai pandemi, para CEO menyuarakan tingkat optimisme yang tinggi terhadap pemulihan ekonomi global, di mana 76% pemimpin bisnis global memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi akan membaik pada tahun 2021.

Angka tersebut berasal dari PwC Global CEO Survey Tahunan ke-24, yang tahun ini menyurvei 5.050 CEO di 100 negara selama Januari dan Februari 2021. Persentase CEO yang menyatakan keyakinannya terhadap pertumbuhan naik dari 22% pada 2020 dan 42% pada 2019, mewakili tingkat optimisme tertinggi sejak pertanyaan itu mulai diajukan dalam survei tersebut pada 2012.

Optimisme di antara para CEO terhadap pertumbuhan ekonomi global sangat kuat di Amerika Utara dan Eropa Barat, dengan masing-masing 86% dan 76% CEO dari kawasan ini memperkirakan adanya peningkatan pertumbuhan global di tahun mendatang.

“Setelah setahun tragedi kemanusiaan dan kesulitan ekonomi yang luas, sungguh menggembirakan untuk melihat bahwa orang-orang yang bertanggung jawab untuk membuat keputusan investasi dan mempekerjakan staf merasa optimistis namun tetap berhati-hati tentang tahun mendatang. Para CEO yakin bahwa ekonomi akan kembali tumbuh, didorong oleh perkembangan pesat dari vaksin dan peluncurannya di berbagai belahan dunia,” kata Bob Moritz, Chairman of the PwC Network.

Sepanjang tahun lalu yang dipenuhi gejolak, para CEO harus memikirkan kembali dan mengkonfigurasi ulang apa yang mereka lakukan dan bagaimana mereka melakukannya, sembari menangani neraca yang meregang dan mendukung karyawan yang terpaksa menghadapi keadaan luar biasa ini.

“Para CEO kini menghadapi dua tantangan mendasar: pertama, bagaimana membangun kepercayaan dengan berbagai pemangku kepentingan, yang ekspektasi bisnisnya lebih tinggi dari 1 sebelumnya; dan kedua, bagaimana menyesuaikan bisnis mereka dan memberikan hasil yang berkelanjutan dalam lingkungan eksternal yang berubah dengan cepat. Organisasi yang mengambil langkah tepat dalam kedua hal itu akan berada pada posisi terbaik untuk keluar dari pandemi ini sebagai bisnis yang kuat, tangguh, dan produktif, yang mampu menahan guncangan di masa depan.”(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here