Teknologi yang Dipatenkan oleh ZTE Memiliki Nilai Lebih dari RMB 45 Miliar

  • Whatsapp

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – ZTE Corporation, vendor terkemuka di dunia untuk solusi telekomunikasi serta teknologi bagi kalangan perusahaan dan konsumen dalam sektor Internet Seluler, masuk dalam jajaran pelaku dan penentu standar 5G global yang memimpin dalam teknologi 5G, paten, standar, industri, dan terminal. Hal ini tercantum dalam laporan yang berjudul “Challenges and Prospects for China’s Telecommunications Industry and Intellectual Property Market” yang dirilis oleh perusahaan manajemen investasi, Jones Lang LaSalle (JLL).

Menurut laporan tersebut, ZTE menempati peringkat pertama dalam tata letak paten global sebagai bentuk pengakuan atas kontribusi perusahaan terhadap penelitian dan pengaturan standar teknologi 5G global. Hingga saat ini, nilai teknologi yang dipatenkan ZTE telah melebihi RMB 45 miliar.

Sebagai kontributor utama untuk standar 5G global, ZTE akan terus membangun kompetensi inti yang lebih kuat dan melakukan penelitian serta pengembangan teknologi utama dan sains dasar. ZTE telah berinvestasi senilai lebih dari RMB 10 miliar per tahun untuk aktivitas Litbang dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2020, pengeluaran Litbang ZTE mencapai RMB 14,8 miliar, menyumbang 14,6% dari pendapatan operasionalnya.

Di era ekonomi digital, teknologi informasi seluler generasi baru, seperti 5G, telah menjadi aspek penggerak utama dalam transformasi digital serta peningkatan kualitas hidup masyarakat. ZTE terus meningkatkan inovasi teknologi secara independen serta memperkuat tata letak paten bermutu tinggi, langkah-langkah tersebut berperan besar dalam perkembangan perusahaan Tiongkok.

Berkat peningkatan fitur-fitur inovasi dan kreasi, ZTE terus memperluas pemanfaatan hak kekayaan intelektual (HKI). Selain meningkatkan pembuatan dan tata letak paten bermutu tinggi, ZTE secara aktif mempromosikan aplikasi, konversi, dan implementasi paten melalui sejumlah strategi operasional yang sangat efisien. Di sisi lain, ZTE turut berupaya menyelaraskan aplikasi paten dan Litbang teknologi dengan permintaan pasar, sekaligus terus meningkatkan kualitas aplikasi paten.

“Sebagai salah satu perusahaan teknologi canggih di Tiongkok yang bersaing secara global, ZTE sangat menyadari peran Litbang independen serta inovasi teknologi. ZTE tetap melakukan investasi besar dalam Litbang selama puluhan tahun, dan sukses membuat berbagai pencapaian teknologi inovatif,” jelas Hu Yi, Vice President & Head of Intellectual Property Department, ZTE Corporation.

“Beberapa pencapaian ini telah diubah menjadi produk-produk berteknologi canggih yang membantu ekspansi ZTE di pasar-pasar luar negeri, seperti di Eropa dan Amerika Utara. Sementara, beberapa diantara pencapaian tersebut telah beralih menjadi aset-aset tak berwujud, termasuk HKI, seperti paten.” tambah Hu Yi.(BA-04)