Jual Semua Produk Melalui Online, Perhutani Rambah Ecommerce

  • Whatsapp

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Perum Perhutani mengadakan Launching dan Go Live ECommerce Penjualan Online Toko Perhutani (POTP) All Product di Kantor Pusat Perum Perhutani Ruang Rapat lt.19 Graha Perhutani dan secara virtual conference Rabu (28/4/2021).

POTP All product merupakan aplikasi yang dibuat dengan tujuan untuk mengelola semua produk dan semua jenis penjualan yang ada di Perhutani, serta dikembangkan menggunakan metode user centered design berdasar informasi mengenai profil personalifikasi pengguna sehingga diharapkan mampu meningkatkan visibilitas, aksesibilitas dan efektifitas pengguna dalam bertransaksi di dalam POTP All Product, sehingga segala proses penjualan produk Perhutani dapat lebih transparan dan proses yang berjalan di dalam nya menjadi lebih efisien dan efektif.

Bacaan Lainnya

Acara ini dihadiri oleh Direktur SDM, Umum & IT, Direktur Komersial, Direktur Keuangan, Perwakilan Divisi Komersial, Divisi IT, KBM Penjualan, Kepala Pabrik Gondorukem dan Terpentin (PGT), mitra/agent Gondorukem, Terpentin, dan Derivat (GTD), serta perwakilan Tim IT dan Account Manager PT. Telkom Indonesia.

Direktur SDM, Umum & IT Muhamad Denny Ermansyah menyampaikan bahwa Pengembangan POTP All product merupakan salah satu inisiatif strategis penguatan customer centricity yang telah dicanangkan Kementerian BUMN tahun 2021.

Denny menerangkan bahwa ke depan semakin banyak aktivitas perdagangan yang menggunakan platform digital dengan cara-cara baru untuk mengirimkan produk sehingga jenis layanan baru akan selalu bermunculan, Perum Perhutani harus mampu merespon perubahan tersebut melalui digitalisasi proses pemasaran untuk mencapai costumer experience, sehingga mampu meningkatkan customer satisfaction.

Ia juga menambahkan bahwa POTP All Product dikembangkan dalam 5 fase, yaitu Fase pertama adalah pengembangan new user interface, dan modul penjualan GTD, Fase kedua pengembangan modul penjualan retail dan simple inventory, Fase ketiga pengembangan modul pemesanan & booking tiket wisata, Fase keempat pengembangan POTP Mobile android, Fase kelima pengembangan modul pemesanan kayu log dan Industri kayu.

“Maka bersama ini saya minta komitmen seluruh jajaran Perhutani, baik BoD, Kadivre, Kadiv Kantor Pusat beserta seluruh jajaran di lapangan untuk fokus dan mengerahkan seluruh sumber daya yang dimiliki tentunya untuk mensukseskan POTP All Product ini,” ungkap Denny.

“Kepada bapak ibu para agent dan Customer, POTP All Product ini akan digunakan sebagai platform penjualan utama Perum Perhutani sehingga mulai hari ini semua proses transaksi produk-produk Perhutani sudah dapat digunakan pada aplikasi POTP All Product,” jelas Denny.

Pada kesempatan yang sama Direktur Komersial Ahmad Ibrahim, menyampaikan bahwa POTP All product dikembangkan untuk mengakomodasi proses penjualan B2B dan B2C secara realtime dalam satu platform, sehingga harapannya segala proses penjualan produk Perhutani dapat lebih transparan dan proses yang berjalan di dalam nya menjadi lebih efisien dan efektif.

Menurut Ahmad Ibrahim bahwa POTP All Product memiliki 4 (empat) kelebihan, yaitu pertama, proses yang lebih efisien dan efektif, kedua, clean governance, ketiga, memudahkan dalam pelayanan penjualan, keempat, digitalisasi proses pada perkembangan ekonomi digital.

“Dengan POTP All product diharapkan mampu mengubah dan meningkatkan pelayanan Perum Perhutani kepada pada pelanggannya. Oleh karena itu, diperlukan komitmen seluruh jajaran Perum PerhutanI khususnya divisi komersial untuk mampu memberikan pelayanan Customer Focus terbaik bagi pelanggan melalui POTP All Product,” jelas Ibrahim.(BA-04)

Pos terkait