NFC Cikarang Milik TaniHub Group Resmi Beroperasi

BISNISASIA.CO.ID, BEKASI – Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo meresmikan fasilitas National Fulfillment Center (NFC) Cikarang milik TaniHub Group, sebagai bentuk dukungan penuh pemerintah terhadap inovasi yang dilakukan perusahaan di sektor pertanian.

Dalam sambutannya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa langkah yang diambil TaniHub Group di setiap lini sektor pertanian, termasuk keputusan membangun NFC, adalah sebuah keberanian untuk membawa perubahan. Dia menegaskan, pemerintah melalui Kementerian Pertanian yang dipimpinnya mendukung penuh upaya TaniHub Group sebagai startup agritech yang dibangun oleh generasi muda.

“Ini bisa menjadi role model bagi anak-anak muda untuk membuka lapangan kerja di bidang pertanian, bahkan ikut menggairahkan berbagai komoditas untuk dapat langsung dinikmati oleh seluruh masyarakat luas,” ujarnya.

Sementara, Chief Executive Officer TaniHub Group Pamitra Wineka mengatakan bahwa NFC merupakan salah satu kebanggaan besar perusahaan yang dipimpinnya, karena TaniHub Group merupakan startup pertanian pertama di Indonesia yang mendirikan fasilitas semacam itu.

“Ide NFC ini berasal dari TaniHub Group sendiri, sehingga merupakan 100% hasil pemikiran anak bangsa. Kami membangunnya dari nol bahkan ketika pandemi Covid-19, dengan koordinasi pembangunannya yang dilakukan secara online [antar tim di internal perusahaan], namun berhasil kami dirikan,” kata Pamitra.

Ke depan, lanjutnya, sejumlah fasilitas serupa dengan skala yang lebih kecil akan dibangun di berbagai sentra produksi pertanian, sehingga para petani, baik yang tergabung dalam kelompok tani (poktan) maupun koperasi petani dapat memanfaatkannya untuk proses sorting and grading komoditas yang dapat mereka lakukan sendiri. Dengan didukung teknologi serta data yang dapat diandalkan di setiap fasilitas NFC, proses supply chain pertanian dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Sedangkan, Chief Operating Officer TaniHub Group Sariyo mengatakan, cita-cita TaniHub Group tetap tidak berubah, yaitu menjangkau lebih banyak wilayah di Indonesia dengan infrastruktur yang lebih efisien.

“Bagi TaniHub Group, ini merupakan lecutan semangat agar kami bekerja lebih baik dan lebih keras untuk membantu lebih banyak petani,” ujarnya.

Didukung oleh sistem teknologi informasi dan standar penanganan internasional, NFC Cikarang siap melayani inbound dan outbound untuk pulau-pulau lain di luar Jawa dan Bali serta pasar luar negeri.

Fasilitas yang terletak di lahan seluas 12.000 meter persegi tersebut memiliki kapasitas yang sangat besar dengan cold storage yang mampu menampung berbagai macam produk fresh, termasuk daging dan seafood. Fasilitas ini juga menampung produk non-fresh seperti sembako dan pangan olahan (processed food) dari berbagai macam jenama.

Selain NFC Cikarang, TaniHub Group memiliki lima fasilitas lainnya untuk pergudangan dan pemrosesan hasil panen petani, yaitu fasilitas Processing and Packing Center (PPC) di Malang serta Distribution Center (DC) di Bandung, Surabaya, Kertasura dan Bali.

Penandatanganan MoU dan Pelepasan Ekspor Di sela-sela peresmian tersebut, TaniHub Group dan Kementerian Pertanian menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) tentang pengembangan sumber daya petani, distribusi, dan akses pangan melalui pemanfaatan teknologi dan informasi.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here