Alibaba Business School Luncurkan Siap Latih UMKM dan Startup Indonesia untuk Maju

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Alibaba Business School, unit edukasi dari Alibaba Group, akan meluncurkan program pelatihan Alibaba Netpreneur virtual yang pertama di Indonesia, bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia).

Program Netpreneur Training dirancang untuk membekali para wirausahawan dan pelaku bisnis dengan pengetahuan serta bimbingan praktis yang dapat mereka lakukan untuk mempercepat upaya transformasi digital, dengan berkaca dari perjalanan ekonomi digital Alibaba. Pelatihan ini merupakan bagian dari inisiatif Alibaba yang lebih luas untuk mempromosikan perkembangan inklusif dan memberdayakan wirausahawan dan pelaku bisnis berbagai skala. Pendaftaraan untuk program ini telah dibuka dan akan berakhir 16 Juni 2021.

“Akselerasi ekonomi digital sebagai dampak dari pandemi global telah membuka berbagai kesempatan yang sebelumnya tidak disadari. Kami sangat senang dapat mendemonstrasikan kepada para UKM dan wirausahawan, bagaimana mereka dapat memanfaatkan pembelajaran dan pengetahuan dari ekosistem digital kami, untuk memahami dan memanfaatkan peluang yang ada, serta mentransformasi bisnis mereka untuk mencapai kesuksesan jangka panjang dalam ekonomi digital,” jelas Zhang Yu, Alibaba Group Partner and Vice President.

Dua gelombang pertama Program Alibaba Netpreneur Training Indonesia dilaksanakan pada tahun 2019 dan 2020 selama 10 hari di Hangzhou, untuk mendapatkan pengetahuan mengenai tren ekonomi digital dan belajar secara langsung dari pemimpin bisnis Alibaba. Hingga saat ini, sebanyak 96 wirausahawan dan pelaku bisnis di Indonesia telah menyelesaikan program pelatihan ini.

Dengan mempertimbangkan pandemi Covid-19, gelombang ketiga program ini telah dirancang ulang dengan menggabungkan modul pelatihan online dan offline untuk memenuhi syarat protokol kesehatan. Program online akan dilaksanakan melalui serangkaian seminar virtual pada 14 Juli hingga 1 September.

Seminar ini akan mencakup pengalaman pertama dari inovasi e-commerce dan digital, akses ke pemimpin bisnis di Alibaba dan Tiongkok, serta kesempatan untuk membangun relasi dengan para wirausahawan dari wilayah masing-masing, melalui berbagai latihan, kuliah interaktif, dan diskusi yang dinamis.

Selama enam minggu, sesi seminar ini akan mencakup transformasi digital Tiongkok, yang termasuk faktor-faktor utama yang mendukung pertumbuhan Alibaba dari start-up hingga menjadi ekosistem digital, serta saran-saran praktis untuk membantu bisnis mentransformasi operasinya secara digital dan dengan percaya diri meraih peluang bisnis secara global. Alibaba Business School juga akan mengadakan webinar tambahan yang bersifat tidak wajib selama program, webinar ini akan membahas soal tren dan insight industri.

“Kita semua telah menyaksikan bagaimana Covid-19 telah menjadi pemicu utama transformasi digital bagi berbagai korporasi di dunia. Kemajuan teknologi menjadi kebutuhan mendasar bagi perusahaan untuk bertahan dan bertumbuh di era ini. Oleh sebab itu, penting bagi para pengusaha, terutama pelaku UKM, untuk membekali diri dengan pengetahuan terbaru dan terpenting mengenai transformasi digital. Selain itu, selaras dengan visi Pemerintah Indonesia untuk mewujudkan Indonesia 4.0, KADIN Indonesia percaya bahwa pelatihan ini akan memberikan nilai positif bagi para pelaku bisnis Indonesia. Maka, kami sangat menganjurkan semua anggota kami untuk berpartisipasi,” tambah Rosan P. Roeslani, Ketua Umum KADIN Indonesia.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here