BAZNAS Gelar Gathering Literasi Taman Baca Al-Fattah di Desa Tanjungsari Kepulauan Meranti

  • Whatsapp

BISNISASIA.CO.ID, RIAU – BAZNAS melalui Zakat Community Development bersinergi dengan Taman Baca Al-Fattah Desa Tanjungsari, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, mengadakan agenda Gathering Literasi Taman Baca Al-Fattah yang bertemakan “Mencerdaskan Generasi Muda” pada Senin, (12/04/2021) di halaman Taman Baca Al-Fattah.

Gathering Literasi ini bertujuan membentuk kebersamaan dan mempererat silaturrahmi pengurus Taman Baca, Stakeholder maupun peserta yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan tulis masyarakat sehingga dapat dirasakan manfaatnya.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pemuda Desa Tanjungsari, Muhammad Ikhbarrullah; Staf Desa Tanjungsari, Rahmat; Guru SMPN 1 Tebing Tinggi Timur, Jamilah; Mahasiswi FKIP Jurusan Bahasa dan Sastra, UNRI, Siti Suhaila; Mahasiswi STID Mohammad Natsir, Bekasi, Jesi Asniar; beserta seluruh pengurus Taman Baca Al-Fattah.

Serangkaian acara dibuka dengan pembacaan Ayat suci Al-Qur’an, Do’a, salam Literasi, senam bersama, pengenalan dan pengarahan teknis Taman Baca, dilanjutkan pemaparan materi, motivasi, nonton bareng video edukasi, selingan Ice breaking dan kuis dari panitia. Kemudian ditutup dengan makan siang bersama.

Muhammad Ikhbarrullah, dalam motivasinya menyampaikan, “Agar Taman Baca ini dimanfaatkan secara maksimal, terutama bagi para peserta yang berstatus sebagai pelajar. Tentunya menjadikan siswa/i lebih mudah untuk menambah wawasan dan pengetahuan juga menyelesaikan tugas-tugas ketika menemukan kesulitan. Sebagai tahap awal mungkin dengan mengajak teman bermain disekitar taman baca sehingga akan mempengaruhi minat baca dan tulis.”

Dilanjutkan pemaparan materi dari Siti Suhaila yang bertema “Tips Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis” yaitu meluruskan niat, mulai meminta rekomendasi, membeli buku, menyisihkan waktu dan durasi membaca, meningkatkan rasa ingin tahu, memilih tema yang diminati, memanfaatkan waktu menunggu, membuat target membaca, membaca saat istirahat dan sering berdiskusi.

Peserta kegiatan ini berasal dari siswa/I SD dan SMP tanjungsari yang merupakan anak dari mustahik setempat yang berjumlah 36 anak. Walaupun cuaca sedang mendung, namun seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan antusias dan bersemangat. Selama kegiatan ini berlangsung panitia maupun peserta tetap menjalankan protokol kesehatan dimasa pandemi covid-19 dengan menjaga jarak, memakai masker dan menyediakan tempat cuci tangan.(BA-04)

Pos terkait