Dukungan Smesco Indonesia Perluas Produk UMKM di Jawa Barat

  • Whatsapp
UMKM1
Ilustrasi UMKM

BISNISASIA, BANDUNG –  Smesco Indonesia dalam rangka mendukung arahan Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo untuk mencintai dan membeli produk UMKM lokal melalui Gerakan Nasional ‘Bangga Buatan Indonesia.

Sebagai bagian mengimplementasikan program tersebut, Smesco Indonesia siap mensukseskan dan memeriahkan acara Sinergi Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat 2021.

Bacaan Lainnya

Untuk Mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI) yang akan dilaksanakan selama bulan April 2021.

Oleh karena itu percepatan pemulihan ekonomi mikro akan dilakukan Smesco Indonesia dengan menjemput bola dan meyiapkan sistem kerjasama onboarding market bagi UKM produsen dibidang produk perhotelan melalui kolaborasi antara pemerintah, industri nasional pariwisata khususnya perhotelan dan pelaku UKM.

Gelar Pelatihan Digital, Bukalapak dan Facebook Tingkatkan Kemampuan Berwirausaha UMKM

Kerjasama nyata tersebut diimplementasikan Smesco dengan membangun infrastruktur rantai pasok pelaku UKM kedalam zona bisnis nasional perhotelan diantaranya dengan menjadikan UKM sebagai pemasok produk hospitality.

Kerja nyata tersebut ditandai dengan penandatanganan kerjasama.

Leonard Theosabrata selaku Direktur Utama Smesco Indonesia menjelaskan saat ini Smesco Indonesia telah melakukan kurasi bersama produk UKM jenis kebutuhan resto, bedroom, bathroom, toiletries, amenities, home dekor, house hold serta Minibar.

Produk UKM yang telah terseleksi ini akan mengisi kebutuhan Hotel Grup Indonesia yang berjumlah 150 hotel di seluruh Indonesia.” Ujar Leonard .

Luncurkan ‘Pilihan Jagoan’, Bukalapak Jadikan UMKM Jagoan Dalam Penuhi Kebutuhan Rumah Tangga, Otomotif, dan Hobi

Lebih dekat, latar belakang dipilihnya UKM Provinsi Jawa Barat sebagai lokasi pilot project penyertaan UKM masuk kedalam rantai pasok industri perhotelan nasional tak lain karena Jabar selama ini merupakan trendsetter produk-produk lokal unggulan di Indonesia, terdapat 15.000 UKM Jawa Barat aktif terbesar dalam berbagai cluster produk

“Melalui kerjasama ini, harapannya produk UKM juga dapat berperan untuk hotel-hotel yang akan dibangun di beberapa wilayah di Indonesia diantaranya Jawa Timur dan Banten.

Kurasi sudah akan dilakukan sesegera mungkin agar setelah pembangunan selesai produk ukm sudah bisa digunakan.

Selama 2020, LPDB-KUMKM Salurkan Rp 1,2 Triliun untuk Pelaku UMKM

Saat ini pun Smesco Indonesia memperluas infrastruktur jaringan rantai pasok nasional produk industri besar di Provinsi Jawa Barat  berkolaborasi dengan sebagai salah satu unit usaha Media Grup Hospitality.

“The Papandayan Hotel telah berhasil menjalin kerjasama dengan Smesco Indonesia untuk menampilkan show case UKM Jawa Barat binaan Smesco Indonesia di area Hotel The Papandayan  Bandung selama bulan April.” demikian ujar  CEO Media Grup, M. Mirdal Akib.

Lebih lanjut, Mirdal menjelaskan konsep showcase ini ringkas dengan menampilkan produk-produk unggulan UKM dan akan ada narasi penjelasan tentang produk UKM tersebut di sekitar lokasi Papandayan Room dan Papandayan Arcade,”  tutup Mirdal.

Pos terkait