Unika Atma Jaya Vaksinasi Lansia dan Pekerja Pelayanan Publik di Kecamatan Kosambi Tangerang

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Universitas Katolik Indonesia (UNIKA) Atma Jaya bersama dengan Ikatan Alumni Unika Atma Jaya, dan didukung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Kecamatan Kosambi, dan ProSehat menghadirkan Sentra Vaksinasi di Kecamatan Kosambi, Tangerang (Banten).

Sentra vaksinasi ini merupakan kolaborasi yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNIKA Atma Jaya sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam mempercepat pengendalian pandemic dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Usaha yang membutuhkan dukungan banyak pihak ini penting bagi keberhasilan pemulihan ekonomi akibat Covid-19 dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNIKA Atma Jaya, Dr. jur. Sih Yuliana Wahyuningtyas, S.H., M.Hum., menyebut bahwa program vaksinasi ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial dari institusi pendidikan yang perlu memberikan aksi nyata dalam mendukung segala upaya yang  kemaslahatan bersama. Program vaksinasi yang berlokasi di Bandara City Mall, Kecamatan Kosambi ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dikelola oleh LPPM Unika Atma Jaya.

“Aksi yang kita lakukan hari ini adalah bentuk solidaritas social kepedulian dan aksi nyata institusi pendidikan dalam upaya untuk mengentaskan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Bersama relawan yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan karyawan, UNIKA Atma Jaya mengemban misi kemanusiaan coba mengerahkan semua daya dan upaya yang dapat diberikan bagi kebaikan dan pemulihan kualitas kesehatan masyarakat,” jelas Sih Yuliana.

Hingga akhir 2021, pemerintah menargetkan distribusi penyuntikan vaksin kepada 181.554.465 orang penduduk Indonesia untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melaporkan hingga kini telah berhasil memvaksinasi hingga 500.000 orang perharinya, dari target 1 juta orang. Data terakhir menunjukkan hingga kini sudah ada 9.3 juta orang di Indonesia yang menerima dosis pertama vaksin Covid-19. Sementara itu, sebanyak 4.6 juta orang telah menerima suntikan dosis kedua.

Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menyebut bahwa diperlukan dukungan besar dari semua pihak dalam upaya distribusi vaksin di Kabupaten Tangerang.  Perwakilan k Kabupaten Tangerang, dr. Hendra Tarmizi menyebut Pemkab Tangerang hingga kini telah memberikan vaksin kepada 60 Ribu warga dari target 2,2 Juta. Hendra berharap agar masyarakat dapat bersabar mendapat giliran vaksinasi yang direncanakan dapat terpenuhi hingga Maret 2022 mendatang.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Tangerang, mengapresiasi kepedulian dan usaha yang ditunjukkan oleh UNIKA Atma Jaya. Kami berharap kerjasama Atma Jaya dan Pemkab Tangerang dapat terus berjalan dan membuka pusat-pusat vaksinasi lain, sehingga jika nanti jumlah vaksin sudah cukup maka target vaksinasi 15 ribu orang perhari dapat terpenuhi,” jelas dr. Hendra Tarmizi.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here