Line Venture Merger YJ Capital Ubah Nama jadi ZVC dan Siapkan Dana di Startup

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Z Holdings Corporation (ZHD) mengumumkan jika YJ Capital Inc., anak perusahaan terkonsolidasi milik ZHD, dan LINE Ventures Corporation (LVC) telah bergabung, dengan YJC sebagai perusahaan penerusnya. YJC mengganti nama menjadi Z Venture Capital Corporation (ZVC) dan akan mulai beroperasi mulai hari ini.

ZHD menambahkan bahwa ZVC mengombinasikan layanan CVC (corporate venture capital) dengan berbagai aktivitas ZHD dan LINE. Selain itu, ZVC juga meluncurkan dana sebesar 30 miliar yen (sekitar 3,98 triliun rupiah). Kerja sama tersebut diklaim menjadikan program bersangkutan sebagai salah satu CVC terbesar di Jepang. Dana ini akan fokus disalurkan ZVC di Jepang dan pasar global, termasuk Korea Selatan, Cina, dan Asia Tenggara.

“Dengan menyediakan dana pertumbuhan kepada berbagai perusahaan startup, dan akses kepada ekosistem ZHD, kami menyambut kerjasama terpadu untuk melakukan evolusi pada berbagai layanan kami dan menciptakan masyarakat serta hari esok yang lebih baik. ZVC yang baru akan memberikan pelayanan sebagai partner guna membantu menciptakan masa depan,” kata Shinichiro Hori CEO ZVC.

Adapun area teknologi yang disasar ZVC untuk Jepang dan global (Korea Selatan, Asia Tenggara, Amerika Serikat, dan Cina) adalah tidak sama persis. Untuk Jepang, ZVC akan menegaskan tujuan ZHD yang ingin menjadi perusahaan teknologi AI (artificial intelligence) terdepan berskala global.

Oleh karena itu, ZVC akan berinvestasi untuk menciptakan nilai dan sinergi baru melalui pengaplikasian teknologi data dan AI pada berbagai bidang seperti pelayanan kesehatan, keamanan siber, dan perangkat lunak bisnis ke bisnis. Begitu pula pada berbagai kesempatan yang sesuai dengan tiga bisnis inti ZHD, yakni commerce, media, dan teknologi keuangan.

Sementara, untuk global, ZVC akan mengambil pendekatan fleksibel terhadap investasinya berdasarkan tren pasar dan pengetahuan lokal. ZVC akan fokus pada berabgai sektor seperti layanan internet, e-commerce, teknologi keuangan, dan O2O/mobilitas. ZVC juga akan menganalisis bidang AI, robot, deep tech, dan blockchain di pasar-pasar maju.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here