Mengenal Silvi+, Platform Cashless Dining Pertama di Indonesia dari Flick

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Resmi meluncur pada 2019, Flick, perusahaan rintisan di bidang ekosistem keuangan digital hadir untuk pengembangan ekonomi digital UKM. Di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan semuanya serba minim kontak atau sentuhan, Flick membuktikan digitalisasi UKM sangat bermanfaat. Melalui salah satu aplikasi unggulan Flick bagi industri restoran dan coffee shop, Silvi+, FlickResto, restoran merchant yang tergabung dengan Flick–dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi cashless dining ketika pelanggan memesan makanan untuk makan di tempat atau dine in.

Hadir sebagai pelopor platform cashless dining pertama di Indonesia, Silvi+ menghadirkan fasilitas menu digital melalui pemindai QR code sekaligus pembayaran digital. Sistem role management di sisi FlickResto disederhanakan melalui keunggulan platform ini, di mana pesanan yang dipesan pelanggan diteruskan ke bagian dapur, pelayan, hingga kasir yang bertugas. Sistem yang terintegrasi memudahkan FlickResto untuk memproses pesanan hingga disajikan ke meja pelanggan dengan meminimalisir kontak fisik. Ditambah, Flick juga menyediakan fitur FlickPay sehingga transaksi dapat dilakukan dengan cashless.

“Silvi+ mampu menjadi solusi praktis bagi restoran dalam menerima pesanan dine in di tengah perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di pulau Jawa dan Bali. Dengan penerapan protokol kesehatan, Silvi+ berperan mengurangi kontak fisik untuk menekan penyebaran Covid-19,” ujar CEO Flick Thalla Hirasazari.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyebut, setidaknya 1.033 restoran di Indonesia tutup secara permanen di 2020 akibat pandemi. Kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat sangat berdampak pada merosotnya jumlah restoran di Indonesia, menyebabkan restoran semakin sepi dan merugi, termasuk berdampak pada pengurangan karyawan. Hal ini menjadi perhatian bagi Silvi+ untuk menginisiasi berbagai program untuk membantu kesulitan yang dialami FlickResto.

“Dengan berkurangnya karyawan, teknologi Silvi+ membantu fungsi dan peran dari berkurangnya karyawan yang terdampak pandemi. Kami juga fokus pada permasalahan di sisi merchant UKM, salah satunya dengan menghadirkan berbagai program cashback kepada FlickResto sepanjang Januari–Februari lalu. Hal ini demi mendukung eksistensi dan kemajuan bisnis mitra kami yang terpukul akibat pandemi,” jelas COO Flick Indra Prasetyo.

Indra menambahkan, program yang diadakan tidak terbatas pada sistem cashback. Silvi+ terus menggali persoalan yang dihadapi mitranya dengan melakukan komunikasi intens dan menargetkan 10.000 FlickResto  baru di tahun 2021 di seluruh Indonesia, dengan pulau Jawa dan Bali sebagai fokus utamanya. Selain itu, Silvi+ terbuka dengan masukan dan saran dari FlickResto dalam rangka memberi dukungan pada bisnis yang sedang dijalankannya dalam hal efektivitas dan efisiensi.

Tak hanya itu, Silvi+ menyediakan kemudahan mencatat transaksi penjualan, sistem peringatan stok bahan baku, dan data analisis penjualan untuk mencegah food waste atau makanan terbuang. Selain itu, FlickResto juga akan mendapatkan data penjualan harian, range usia, hingga area domisili pelanggan untuk dijadikan analisis data penjualan yang efektif dan terukur.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here