Tingkatkan Strategi Komunikasi Sharp Indonesia Raih Beragam Penghargaan

rhdr

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Seiring dengan perkembangan teknologi, terutama kehadiran saluran komunikasi digital yang dapat menghubungkan berbagai pihak tanpa terhalang ruang dan waktu, memberikan dampak poisitif terhadap perkembangan ilmu komunikasi dan pemasaran tidak hanya di Indonesia namun di seluruh dunia.

Hal tersebut membawa perubahan pada strategi penyebaran informasi pada stakeholder dimana mampu mendorong para pelaku humas khususnya untuk semakin kreatif dalam mengkomunikasikan pesan perusahaan guna menghadapi persaingan yang makin kompetitif.

Dalam gelaran ajang penghargaan ‘Indonesia PR of The Year 2021’ besutan majalah Mix Marketing & Communication, Sharp Indonesia menorehkan dua prestasi dengan berhasil meraih penghargaan di kategori ‘Senior PR Practitioner‘ dan ‘Marketing Public Relations Program.

Pada kategori ‘Senior PR Practitioner‘, Pandu Setio selaku Senior PR Brand Communication PT Sharp Electronics Indonesia berhasil meraih penghargaan sebagai Senior PR Practitioner of The Year’, kategori ini merupakan apresiasi terhadap kinerja seluruh praktisi PR di Indonesia’.

Dalam menentukan pemenang, tim peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode kualifikasi karakteristik serta performa praktisi dalam memberikan sentiment positif yang kemudian ditentukan melalui system voting oleh 50 jurnalis dari media cetak, radio, online, dan televisi di desk bisnis  dan ekonomi.

Pada kategori‘Marketing Public Relations Program’ Sharp Indonesia berhasil melalui program Sharp Streaming Launching & Web Conference. Penilaian dilakukan berdasarkan penjurian dengan criteria penilaian berupa konsep berdasarkan kreativitas, pesan yang disampaikan melalui press release maupun statement jurubicara, dan juga hasil pemberitaan yang dipublikasikan oleh media.

Mengawali tahun 2021, kesuksesan publikasi yang dilakukan oleh Sharp Indonesia pun mendapatkan apresiasi lainnya dengan meraih penghargaan Indonesia Top Digital PR Awards 2021 untuk kategori mesin cuci. Apresiasi ini diberikan atas prestasi Sharp Indonesia yang berhasil membangun penyebaran berita di kanal digital.

Penilaian didasari dari tiga aspek, yaitu Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect, dan Digital Mention Aspect dalam kurun waktu November 2020 – Januari 2021 dan dilakukan melalui metode survey kepada 150 kategori bisnis dengan melibatkan lebih dari 1.000 perusahaan di Indonesia melalui riset digital seperti mesin pencarian google dan juga sosial media.

Keberhasilan strategi komunikasi yang dijalankan oleh Sharp Indonesia mampu meningkatkan kesadaran public hingga membentuk persepsi mengenai positioning Sharp dalam benak konsumen. Hal ini dibuktikan dengan raihan penghargaan bergengsi lainnya, yaitu Top Brand Awards 2021 untuk kategori lemari es dan mesin cuci, menjadi produk yang paling diingat dan berada di benak (Top of Mind) konsumen Indonesia.

Penganugerahan Top Brand 2021 diberikan berdasarkan kekuatan sebuah merek yang berhasil menduduki posisi puncak Top Brand Index seperti Top of Mind share, Top of Market Share,danTop of Commitment Share. Menggunakan metodologi survey yang mengambil sampel di 15 kota besar Indonesia. Memiliki 2 tahapan penjurian, penilaian penghargaan ini melibatkan 14.040 konsumen pria dan wanita dengan rentang umur 15 – 65 tahun dengan beragam latar belakang ekonomi.

“Keberhasilan kami dalam mempertahankan gelar sebagai merek yang berada di benak konsumen selama 19 tahun merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Raihan ini memacu kami untuk semakin berinovasi dalam memberikan layanan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Melalui penyampaian informasi yang efektif dan efisien kami akan menjaga kepercayaan konsumen dengan baik,” kata Pandu.(BA-04)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini