Tanoto Foundation Berhasil Maksimalkan Penyaluran Dana Filantropi Selama 2020

  • Whatsapp

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Tanoto Foundation, lembaga filantropi independen yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada tahun 1981, sepanjang pandemi Covid-19 berhasil memaksimalkan penyaluran dana untuk kegiatan amal (filantropi) melalui kolaborasi yang baik dengan berbagai pihak.

Dari hasil kolaborasi tersebut, Tanoto Foundation mencatatkan penyaluran dana sebesar Rp 157 miliar (atau setara US$ 11,1M) untuk berbagai program sosial di bidang pengembangan sumber daya manusia dan  pendidikan, sepanjang tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Jumlah tersebut naik jika dibandingkan dengan periode 2019 sebesar Rp 155 miliar (US$10,9M). Lebih lengkap Laporan Tahunan 2020 Tanoto Foundation dapat dilihat melalui QR Code diatas.

Adapun kolaborasi dilakukan Tanoto Foundation dengan berbagai lembaga di antaranya, BNPB, Kemenristek, Bill & Melinda Gates Foundation, UNICEF, serta berbagai perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia.

Global CEO Tanoto Foundation, Dr. J. Satrijo Tanudjojo, menuturkan naiknya penyaluran dana filantropi tersebut merupakan wujud konsistensi komitmen jangka panjang Tanoto Foundation untuk tetap fokus pada program berkelanjutan dan membantu masyarakat yang tengah menghadapi banyak kesulitan akibat pandemi Covid-19.

“Kami bersyukur dan berbesar hati, atas arahan dan kemurahan hati keluarga Tanoto, untuk tetap melanjutkan program-program di bidang pendidikan, tentunya dengan berbagai penyesuaian dengan pandemi Covid-19 di lapangan, sehingga para penerima manfaat tetap bisa merasakan dampak dari program-program tersebut,” kata Satrijo.

Tanoto Foundation bekerja sama dengan pemerintah (BNPB, Kemenristek, dan lainnya) dan swasta membantu memenuhi kebutuhan yang paling mendesak, misalnya pada tahap awal, bantuan difokuskan pada membantu para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan pandemi. Pada tahap berikutnya membantu meningkatkan kapasistas testing di antaranya dengan menggandeng Temasek Foundation International dan GSI Lab.

Tanoto Foundation juga aktif mendukung upaya pemerintah dalam mencegah stunting dan meningkatkan standar pembelajaran melalui program Pengembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Tak hanya itu, melalui program PINTAR, Tanoto Foundation membantu fasilitas akses internet untuk murid dan guru di daerah-daerah pedesaan. Tanoto Foundation juga melajutkan rekrutmen beasiswa TELADAN angkatan 2021 yang untuk pertama kalinya dilakukan secara daring.(BA-0$)

Pos terkait