PTPN Group Dukung Program Sentra Vaksinasi BUMN untuk Capai Herd Immunity dan Mendorong PEN

  • Whatsapp

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengikuti Program Sentra Vaksinasi yang digelar oleh Kementerian BUMN di Istora Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.Program Sentra Vaksinasi bersama BUMN berlangsung mulai Maret – Juni 2021 mendatang. Saat ini peserta vaksinasi hanya bisa untuk mereka yang terdata di DKI Jakarta. Program vaksinasi tersebut menyasar kalangan lansia dan pelayan atau pegawai publik.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani menyampaikan dalam upaya percepatan program vaksinasi nasional, Pemerintah Indonesia memprioritaskan lansia dan pelayan atau pegawai publik dapat menerima vaksinasi ini. Hal ini agar tercapainya kekebalan kelompok baik dilaksanakan secara mandiri maupun melalui program vaksinasi gotong royong.

“Peran aktif semua pihak untuk mencapai target 181,5 juta penduduk mendapatkan vaksinasi COVID-19.Mulai dari pemerintah dan jajarannya di semua level, masyarakat, hingga swasta harus menjaga dan menjalankan peran masing-masing dalam mendukung dan mempercepat proses vaksinasi COVID-19 sebagai upaya mencapai herd immunityselain vaksinasi perlu tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 5M (Memakai masker,Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir,Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, sertaMembatasi mobilisasi dan interaksi.),” ujar Ghani.

Hingga Maret 2021, perluasan Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama BUMN sudah mencapai di lima lokasi yakni di Jakarta (Istora Senayan dan Tennis Indoor Senayan), Semarang (PRPP Semarang), Banyumas (Gor Satria), Surabaya (Grand City Exhibition).

Ia menambahkan, guna menghindari kerumunan saat pendaftaran warga lansia dapat mengakses secara online melalui loket.com, adapun link pendaftaran akan berbeda untuk masing-masing lokasi vaksinasi. Diharapkan masyarakat dapat mengupdate melalui sosial media instagram @SentraVaksinasiBUMN untuk informasi lebih lanjut.

Dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui Program Sentra Vaksinasi yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN, PTPN Group akan memberikan vaksinasi kepada seluruh karyawan PTPN Group.Bahwa vaksinasi menjadi salah satu upaya manajemen untuk melindungi karyawan dengan memutuskan mata rantai penularan Covid-19 di lingkungan PTPN Group, namun tetap harus dibarengi penerapan protokol kesehatan 5M secara disiplin.

Pada kesempatan yang lain, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menegaskan bahwa percepatan vaksinasi nasional harus dilakukan demi mengwujudkan Indonesia Sehat sesegera mungkin. “Kami mempunyai target nanti per hari adalah 5.000 vaksinasi, dan insyaallah kita akan jalankan untuk empat bulan kedepan,” ungkapnya.

“Kami menghimbau untuk tetap dalam kondisi fit dan menjaga kesehatan. Mengecek kesehatan secara umum sehingga diketahui bila ada komorbid atau penyakit peyerta. Jangan sampai komorbid baru ketahuan pada saat screening vaksinasi karena akan mengakibatkan penundaan bahkan pembatalan pemberian vaksin. Bagi peserta yang berobat rutin untuk penyakit kronis untuk dihimbau agar dapat membawa surat rekomendasi vaksin dari dokter spesialis,” tutup Ghani.(BA-04)