Inilah Rahasia Dibalik Intelligent Display Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

  • Whatsapp

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Spesifikasi yang mumpuni sudah menjadi harga mati bagi setiap smartphoneyang berani menyebut diri mereka sebagai flagship. Tidak terkecuali dengan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Namun spesifikasi yang mumpuni saja tidaklah cukup, lebih dari itu spesifikasi yang mumpuni tersebut harus didukung dengan kemampuan smartphone untuk beradaptasi dengan kehidupan penggunanya demi mendukung keseharian epic mereka.

“Samsung senantiasa berfokus kepada  kebutuhan konsumen untuk setiap lini produk kami, sehingga kami tidak hanya memberikan spesifikasi dan inovasi fitur yang bisa menjadi standar baru, namun juga bagaimana perangkat Galaxy terbaru kami dapat semakin mendukung kehidupan para penggunanya. Layar merupakan salah satu elemen terpenting pada sebuah smartphone, oleh karena itu kami menyematkan berbagai inovasi pada layar Samsung Galaxy S21 Ultra 5G seperti Adaptive Display dan Eye Comfort Shield yang dapat menyesuaikan dengan pola hidup pengguna,” ujar Very Octavianus, Samsung Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia.

Bacaan Lainnya

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dibekali dengan refresh rate 120Hz dalam resolusi WQHD+ (1440p) namun resolusi besar yang dilengkapi dengan refresh rate yang tinggi tentu saja akan semakin banyak menggunakan daya. Karenanya Samsung menyematkan fitur Adaptive Display pada Samsung Galaxy S21Series Ultra demi memberikan baterai yang lebih tahan lama.

Melalui fitur ini, dengan memanfaatkan teknologi A.I, perangkat dapat secara otomatis mengenali konten-konten yang sedang dinikmati oleh pengguna. Setelah itu, perangkat akan menyesuaikan refresh rate dari perangkat sesuai dengan banyaknya gerakan (motion) yang muncul pada suatu konten. Misalnya, ketika pengguna sedang asik bermain Genshin Impact atau menonton episode terbaru dari Falcon & Winter Soldier, perangkat akan secara otomatis mengatur refresh rate menjadi 120Hz untuk pengalaman menonton dan bermain yang lebih immersive.

Kemudian ketika pengguna memutuskan untuk melihat-lihat playback video yang telah diambil dengan kamera epik dari Galaxy S21 Ultra 5G, refresh rate akan berubah menjadi 60Hz, 30Hz untuk email atau membalas pesan-pesan whatsapp dariorang-orang tercinta, dan 10Hz ketika melihat-lihat photo (stillimage) pada gallery.

Blue Light yang dikeluarkan dari LED memang dapat mengurangi kenyamanan pengguna dalam jangka waktu pemakaian yang cukup lama. Samsung Galaxy S21 Ultra 5G sudah dilengkapi dengan Eye Comfort Shield yang dapat menyesuaikan color temperature perangkat sesuai dengan pola konsumsi konten yang dimiliki oleh pengguna. Dengan menganalisa konsumsi konten yang dimiliki oleh pengguna, perangkat akan secara otomatis mendeteksi banyaknya bluelight yang dikonsumsi pada hari itu, dan secara otomatis mengatur color temperature sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Tidak hanya itu Galaxy S21 Ultra 5G juga akan secara otomatis mengatur color temperature sesuai dengan konten yang dilihat, untuk konten dengan lebih banyak warna gelap perangkat akan mengatur color temperature yang lebih tinggi untuk memastikan setiap detail tetap terlihat. Sementara untuk konten dengan warna-warna cerah, perangkat akan mengatur color temperature yang lebih rendah untuk meminamilisir cahaya yang keluar.

Dengan intensitas cahaya yang mencapai 1500 nits, Galaxy S21Ultra 5G tetap nyaman untuk dipakai menikmati konten pada siang hari. Tidak berhenti disana, Galaxy S21 Ultra 5G juga secara otomatis akan mengatur intensitas cahaya yang dikeluarkan oleh layar tergantung kepada kondisi pencahayaan dimana pengguna berada. Sehingga layar akan secara otomatis meningkatkan tingkat intesitas cahaya ketika pengguna sedang melihat hasil foto atau video di bawah terik matahari, atau menonton video sambil menunggu dijemput. Serta secara otomatis akan menurunkan tingkat intensitas cahaya ketika pengguna sedang menonton video di malam hari ketika lampu sudah dimatikan.

Samsung menetapkan harga resmi Galaxy S21 5G mulai Rp 12.999.000, Galaxy S21+ 5G mulai Rp 15.999.000, Galaxy S21 Ultra5G mulai Rp 18.999.000.(BA-04)

Pos terkait