KlikDokter Adakan Vaksinasi COVID-19 Gratis UNTUK Lansia

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usahanya KlikDokter melaksanakan program vaksinasi COVID-19 secara gratis dari tanggal 25 – 31 Maret 2021 di Summarecon Mall Kelapa Gading 5 Jakarta.

Vaksinasi yang diselenggarakan Kalbe dan bekerja sama dengan RS Omni, RS EMC dan Summarecon Mall Kelapa Gading, yang juga mendapat dukungan dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta ditujukan untuk masyarakat lanjut usia/lansia di DKI Jakarta.  Setiap harinya, KlikDokter menargetkan ada 500 lansia yang menerima vaksin COVID-19.

Michael Buyung, Direktur PT Kalbe Farma Tbk mengatakan, Kalbe berkomitmen dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dimana salah satu yang dilakukan pada hari ini adalah pemberian vaksin COVID-19 kepada para lansia. Kalbe mendukung pemerintah yang saat ini memprioritaskan lansia dalam pemberian vaksin sebagai kelompok usia rentan dan berbahaya apabila terkena COVID-19.

“Apabila program vaksinasi ini telah tiba waktunya untuk untuk kelompok usia lain di luar lansia, Kalbe melalui Klikdokter juga akan ikut mendukung dan berpartisipasi menyelenggarakan vaksinasi kembali, dan masyarakat cukup mendaftar melalui aplikasi KlikDokter,” Kata Michael, melalui keterangannya, Jumat 926/3/2021).

Maxi Rondonuw, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan bahwa saat ini pemerintah sedang meningkatkan target pemenuhan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk lansia. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan melakukan terobosan dengan proaktif menjemput bola mendatangi tempat tinggal lansia.

Senada, Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengapresiasi kolaborasi penyelenggaraan vaksinasi dinamis yang diselenggarakan di Mal Kelapa Gading (MKG) yang menjadi representasi dalam pelayanan warga lanjut usia (lansia).

“Dengan suasana yang nyaman, akses mudah, dan penerapan protokol kesehatan yang ketat membuat lansia semakin tertarik untuk segera mendapatkan vaksinasi. Yang lebih penting lagi penyelenggara begitu taat dengan protokol kesehatan yang salah satunya diatur betul jarak dan alur vaksinasinya mulai dari tahap registrasi sampai observasi pasca-vaksinasi,” ucap Ali.

Sementara Dino Bramanto, Direktur KlikDokter mengatakan, KlikDokter mendukung Pemerintah dalam vaksinasi Lansia dikarenakan menurut data Suku Dinas Kesehatan masih banyak lansia yang belum mendapat rujukan untuk divaksin. Untuk itu pihaknya secara proaktif menyelenggarakan program ini dengan memberikan kemudahan bagi para lansia, mereka cukup mendaftarkan melalui aplikasi Klikdokter.

“Kami berharap program vaksinasi ini tidak berhenti disini saja dan dapat melakukan hal serupa di kota-kota yang lain. Selain melakukan vaksinasi kami juga memberikan suplemen dan vitamin kepada masyarakat juga terus kami jalankan agar dapat terhindar dari penyebaran virus COVID-19,” lanjut Dino.

Proses pendaftaran Program Vaksinasi ini juga sangat mudah yaitu masyarakat yang ingin mendaftarkan orang tua atau lansia wajib melakukan buat janji via aplikasi KlikDokter dan mengisi profil diri peserta secara lengkap di menu data diri peserta. Peserta wajib datang minimal 30 menit sebelum jadwal yang telah terdaftar.

Peserta wajib membawa KTP saat kedatangan dan menunjukan bukti buat janji (kode booking). Peserta tidak dapat melakukan pendaftaran langsung ditempat (on the spot). Pendaftaran on the spot hanya dilakukan jika terdapat sisa slot di akhir pelaksanaan acara pada hari tersebut. Peserta Vaksin Lansia harus berusia 60 tahun + 1 pada saat vaksin dilakukan.

Bagi Lansia yang memiliki KTP non DKI akan tetapi domisili Jakarta bisa mengikuti program vaksinasi ini dengan membawa surat keterangan domisili dari pihak pengurus warga setempatyaitu RT dan RW yang menyatakan bahwa peserta tersebut benar berdomisili di wilayah/alamat yang ditempati saat ini. Pada surat domisili dapat dilengkapi dengan cap basah resmi dengan masa surat yang masih berlaku.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here