Compas.co.id Dukung UMKM di Indonesia Melalui Pelatihan Berbasis Data

  • Whatsapp

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Telunjuk Komputasi Indonesia melalui anak usahanya Compas.co.id turut terlibat dan berkontribusi dalam meningkatkan bisnis UMKM melalui pelatihan yang bekerjasama dengan BRI Social Entrepreneurship & Incubation (BRI SEI). Pelatihan yang berlangsung pada hari Rabu 17 Maret 2021 ini, dilakukan secara daring, turut mengundang ratusan UMKM binaan BRI SEI yang tersebar di Indonesia.

Pelaku UMKM binaan dari BRI SEI kini sudah mencapai 340 ribu UMKM. Angka ini menunjukan adanya minat yang amat besar dari masyarakat Indonesia untuk membuat usaha terutama pada skala mikro hingga kecil menengah.

Bacaan Lainnya

Melihat besarnya minat ini, Compas.co.id bersama dengan BRI SEI berinisiatif untuk membuat serangkaian pelatihan yang diadakan secara rutin, dengan tujuan untuk dapat mendukung para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang berada di Indonesia.

Philip Olivari, selaku Head of Customer Acquisition & Engagement Compas.co.id mengatakan, pandemi yang melanda negeri sekarang menjadikan pelaku UMKM harus mampu beradaptasi secara cepat untuk berbisnis digital, termasuk melalui e-commerce.

“Di saat yang bersamaan, para pelaku usaha atau produsen yang lebih besar juga mulai menguasai e-commerce sehingga pelaku UMKM harus mampu bersaing dengan big brand di dalam platform yang sama. Maka dari itu, perlu adanya kemampuan dari pelaku UMKM untuk mengikuti perkembangan teknologi dengan melakukan penentuan strategi tepat yang berbasis data,” katanya melalui keterangannya, Kamis (25/3/2021).

Teguh Rahadian, Kepala Bagian BRI Social Entrepreneurship & Incubation, berpendapat bahwa materi yang disajikan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan, dengan dukungan data analytical untuk mendorong pemasaran produk-produk UMKM.

Setelah pelatihan pertama ini, Teguh Rahadian juga berharap agar dapat melanjutkan fokus permasalahan saat ini yaitu untuk mendukung pemasaran UMKM di masa pandemi.(BA-04)

Pos terkait