KK Fund, Infofed dan Dentsu X Luncurkan Esports X Business Asia Summit Untuk Pertama Kalinya

  • Whatsapp

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – KK Fund merupakan lembaga permodalan tahap awal yang berinvestasi dalam startup seluler dan Internet di seluruh Asia Tenggara, hari ini mengumumkan akan meluncurkan eSports X Business Asia Summit (EXB Asia Summit) yang memfokuskan pada aspek bisnis dalam kemitraan dengan startup eSports Thailand Infofed dan agensi media global dentsu X.

EXB Asia Summit bertujuan mempercepat pertumbuhan ekosistem eSports Asia dengan membawa seluruh stakeholder bersama-sama secara virtual untuk menguji tren industri terkini, menyediakan pendidikan untuk brand dagang endemik dan non endemik, membangun jejaring dengan pelaku industri dan membuka peluang sponsor brand.

“Asia memiliki kelompok terbesar untuk pemain dan penggemar eSports di dunia dan sejauh ini telah menghasilkan hampir setengah dari semua pendapatan eSport global. Meskipun ada potensi pertumbuhan yang besar, industri eSports di Asia masih terhitung muda. Pertemuan ini merupakan upaya bersama untuk memulai kolaborasi, komunikasi, dan pendidikan yang lebih baik untuk mengembangkan ekosistem,” kata Koichi Saito, Pendiri dan General Partner KK Fund.

Turut berpartisipasi dalam pertemuan tersebut ialah publisher game, developer game, media dan lembaga penyiaran, asosiasi eSports, lembaga pemerintah, serta brand bisnis dan teknologi eSports. Termasuk di dalamnya nama-nama perusahaan terkenal seperti Tencent Games, SEGA, Garena, ONE Esports dan Razer. Lembaga pemerintah seperti Thailand e-Sports Federation, Singapore Esports Association dan Japan eSports Union juga turut hadir.

Selama dua hari, para pembicara dari dalam dan luar industri eSports mengisi sesi seminar yang membahas topik-topik seperti monetisasi dalam game, sponsor dalam eSports, dan memetakan penempatan brand bersama pemain eSports profesional. Mereka juga akan menguji studi kasus berdasarkan popularitas eSports Korea, cara efektif membangun ekosistem eSport, dan merintis sponsor eSport melalui kolaborasi perlengkapan gaming.

“Kami memiliki sejumlah pembicara dan rekan yang terkemuka untuk acara besar ini, saya berharap dapat membantu mereka terlibat langsung dengan para peserta untuk saling bertukar pikiran dan menjalin kerjasama baru. Melalui EXB Asia Summit, kami yakin dapat mendorong kesadaran yang lebih besar tentang eSport di Asia untuk membantu industri mewujudkan potensi regionalnya,” lanjut Saito.

Lima startup eSports terpilih akan memiliki kesempatan untuk mempromosikan bisnis mereka di hadapan perusahaan, pemilik modal, dan lembaga pemerintah di seluruh Asia untuk mendapatkan investasi yang potensial.

“Tujuan utama kami menyelenggarakan EXB Asia Summit adalah untuk mengatasi tingginya fragmentasi dan kurangnya pendidikan mengenai industri eSports, yang keduanya akan mempengaruhi terhadap pertumbuhan eSports di dalam dan di luar kawasan Asia. Minat yang besar terhadap eSports di dalam dan di luar ekosistem harus dipenuhi dengan usaha yang lebih besar untuk meningkatkan kesadaran, mendorong kolaborasi, dan membangun infrastruktur yang kuat. Kami bertujuan ingin melanjutkan misi dan upaya kami dalam mengembangkan inovasi eSport dan meningkatkan komunitas di Asia,” ujar Jirayod Theppipit, CEO Infofed.

Turnamen ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada brand mengenai ekosistem eSports melalui demonstrasi proses pembuatan turnamen dan memberikan mereka pengalaman langsung dengan turut ambil bagian dalam kompetisi tersebut.

“Industri eSports memiliki kapasitas untuk mengubah pengalaman digital dan menghubungkan pemain eSport global dalam dunia digital yang bertumbuh pesat. Kami secara konsisten berupaya untuk meningkatkan profil eSports secara global dan meningkatkan kredibilitasnya untuk sponsorship dan pemasaran. Kami percaya bahwa EXB Asia Summit akan membantu pihak-pihak terkait menyadari dimensi kreatif baru yang dibawa eSports ke dunia pemasaran olahraga dan menunjukkan kepada mereka cara terbaik memanfaatkannya untuk kesadaran brand (brand awareness) yang maksimal,” kata Kazuo Koike, Managing Director dentsu X Thailand.(BA-04)