Manfaat Asuransi Sequis Bagi Nasabah yang Melakukan Isolasi Mandiri

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Pandemi covid-19 masih berlangsung dan jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 masih tinggi. Tentu kita berharap setelah vaksinasi berjalan, pandemi ini bisa segera berakhir.

Namun, bagi mereka yang terkonfirmasi positif covid-19 dari hasil tes maka pasien harus segera melakukan prosedur penanganan covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah agar segera mendapatkan perawatan baik di rumah sakit atau isolasi mandiri (isoman) sesuai petunjuk dokter.

Kondisi keterbatasan rumah sakit ini  telah diantisipasi Sequis sejak April 2020 untuk tetap memberikan manfaat penggantian biaya bagi nasabahnya yang terinfeksi covid-19 dan isoman.

Head of Health Claim Department Sequis dr A.P Hendratno mengatakan, penggantian atas seluruh biaya akan diberikan bila hasil tes PCR SWAB terbukti positif. Pasien perlu menyertakan Surat Keterangan Dokter yang menjelaskan gejala dan hasil pemeriksaan fisik serta Surat Rujukan Dokter agar pasien melakukan isolasi dan perkiraan lama isolasi yang dibutuhkan. Tertanggung harus melakukan isolasi mandiri selama 14 (empat belas) hari kalender sejak didiagnosis positif covid-19, dan/atau tanggal pertama kali pemeriksaan PCR Swab Test positif.

“Jika waktu

isolasi melebihi instruksi/perkiraan dokter maka harus memberikan surat pengantar tambahan dari dokter yang menjelaskan alasan diperlukan perpanjangan waktu isolasi. Jumlah dan ketentuan biaya yang ditanggung oleh Sequis selama isolasi mandiri tentunya mengacu pada ketentuan polis dan jumlahnya akan mengurangi limit tahunan dari polis serta limit seumur hidup (bila ada),” kata dr. Hendra.

Dengan adanya fasilitas manfaat isoman maka nasabah Sequis dapat merasa tenang untuk menjalankan perawatan medis saat terkonfirmasi positif covid-19. Hal ini tentunya dapat membantu proses penyembuhan karena pasien dapat berfokus pada proses kesembuhannya bukan pada biaya pengobatannya.

“Kami telah mensosialisasikan soal biaya isoman yang ditanggung oleh Sequis pada nasabah kami melalui berbagai kanal komunikasi agar nasabah dapat mengetahui prosedurnya sebelum menjalankan perawatan sebab biaya atas isolasi mandiri tanpa ada surat keterangan dokter tidak dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi,” sebut dr. Hendra.

Sequis berkomitmen melakukan pembayaran klaim bagi nasabah yang memenuhi ketentuan polis. Total pembayaran klaim kesehatan atas kasus covid-19 yang telah dibayarkan Sequis sepanjang tahun 2020 untuk 1.138 kasus sebesar Rp27,38 miliar atau sekitar 11% dari Total Klaim Kesehatan senilai lebih dari Rp255 miliar.

Komitmen yang sama tetap dijalankan Sequis di tahun 2021 ini dengan melakukan pembayaran klaim kesehatan untuk kasus covid-19 senilai Rp13,63 miliar untuk periode Januari-Februari 2021. Dari nilai tersebut, klaim covid untuk isoman sebanyak sebesar Rp 3,076 miliar untuk 997 kasus. Produk yang paling banyak diklaim oleh nasabah adalah Sequis Q Health Platinum Plus (SQHPP) dan Sequis Q Infinite MedCare Rider (SQIMC).(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here