Google Ajak Orangtua Berdongeng untuk Anak-anak Melalui Ruang Digital

  • Whatsapp

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Bercerita atau mendongeng merupakan tradisi lisan yang mengizinkan kita untuk mewariskan nilai dan budaya secara turun temurun, bahkan cerita seperti cerita rakyat memberikan kesempatan untuk mengungkapkan kejadian atau peristiwa, dan kearifan lokal yang khas untuk setiap pelosok Indonesia.

Kegiatan mendongeng merupakan salah satu tradisi yang cukup melekat khususnya di kalangan keluarga Indonesia. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan mendongeng ini salah satunya adalah dapat mendekatkan hubungan antara anak dan orang tua. Di era sekarang ini, teknologi hadir sebagai wadah yang dapat mengedukasi serta menginspirasi untuk setiap generasi dalam mengakses dongeng di ruang digital.

Di Hari Dongeng Sedunia yang jatuh pada Hari Sabtu (20/3/2021) ini, Google mengajak orangtua untuk berdongen kepada anak-anaknya melalui ruang digital. Google membuat ruang digital yang berisi beragam cara juga alat yang tersedia, untuk membantu meningkatkan semangat mendongeng bagi keluarga dan seluruh khalayak kapan pun.

Fitur tersebut bisa digunakan untuk mempermudah mendongeng, yakni YouTube dan Asisten Google. YouTube kembali hadir dengan berbagai cerita rakyat dan inspiratif di YouTube kids.

Untuk YouTube berjudul “Dongeng, Yuk !”, mampu kembali menghidupkan cerita dongeng terdahulu, mulai dari Bawang Merah dan Bawang Putih dari Riau, Malin Kundang dari Sumatera Barat, Sangkuriang dari Jawa Barat. Sedangkan untuk Asisten Google, sesuai dengan namanya fitur ini dapat membantu orang tua atau anak membaca buku cerita Menggunakan suara untuk membantu mengakses dongeng dengan perintahkan Google.(BA-04)