Survei PwC: Meski Pandemi, Bisnis Keluarga Akan Terus Meningkat

  • Whatsapp

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Pandemi COVID-19 mengubah sistem bisnis dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Khususnya sistem bisnis milik keluarga yang dianggap beresiko tertinggal di masa pandemi. PwC Global melakukan survei terbaru terhadap 2.801 pemilik bisnis keluarga dimana 75 respondenya berasal dari Indonesia.

Survei tersebut menunjukkan bahwa bisnis keluarga telah berhasil mengatasi pandemi dengan relatif baik. Kurang dari setengah (46%) memperkirakan penjualan akan turun meskipun terjadi pandemi dan responden survei merasa optimis dengan kemampuan bisnisnya untuk bertahan dan terus tumbuh pada tahun 2021 dan 2022.

Target pertumbuhan di Indonesia sedikit berbeda; cukup ambisius untuk tahun 2022 namun lebih berhati-hati untuk tahun 2021. Sebanyak 65% bisnis keluarga Indonesia berharap mengalami pertumbuhan pada tahun 2021 (sama dengan rata-rata global) tetapi 93% memperkirakan baru akan melihat pertumbuhan pada tahun 2022 (dibandingkan dengan 86% secara global).

Dalam hal kinerja, bisnis keluarga Indonesia menunjukkan performa yang bervariasi selama tahun keuangan terakhir (sebelum COVID-19), di mana 51% mengalami pertumbuhan dan 25% mengalami penurunan penjualan. Sebanyak 60% bisnis keluarga di Indonesia memperkirakan COVID-19 akan menyebabkan penurunan penjualan, jauh lebih tinggi dari rata-rata global (46%).

Dari hasil survei bisnis keluarga Indonesia, Irhoan Tanudiredja, Entrepreneurial and Private Business Leader PwC Indonesia menyampaikan bahwa, prioritas utama yang dihadapi bisnis keluarga Indonesia selama dua tahun ke depan adalah ekspansi ke pasar atau segmen klien baru, mengubah atau mengadaptasi model bisnis, meningkatkan penggunaan teknologi baru dan melindungi bisnis inti untuk kelangsungan perusahaan.

“Bisnis keluarga membutuhkan pendekatan baru untuk kesuksesan yang langgeng -transformasi digital yang dipercepat, tujuan program keberlanjutan, dan tata kelola keluarga yang profesional,” katanya melalui keterangannya, Senin (15/3/2021).(BA-04)