Frisian Flag Indonesia Bangun Pabrik Baru Demi Tingkatkan Status Gizi Keluarga Indonesia

  • Whatsapp

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Frisian Flag Indonesia (FFI) akan membangun pabrik baru seluas 25.4 hektar yang berlokasi di Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Pembangunan pabrik baru ini direncanakan rampung dan siap beroperasi di tahun 2023.

Peresmian pembangunan pabrik baru ini ditandai dengan seremoni Groundbreaking oleh Presiden Direktur PT Frisian Flag Indonesia, Maurits Klavert bersama Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Ikmal Lukman, Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Republik Indonesia, Lambert Grijns serta Komisaris PT Frisian Flag Indonesia, Cahyadi Heriantio

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku mengapresiasi keteguhan dan komitmen FFI untuk terus mengembangkan dan memperkuat kemitraan dengan koperasi dan peternak sapi perah yang sudah dijalin selama bertahun-tahun melalui berbagai program. Diharapkan kontribusi ini berkelanjutan, di mana FFI mendorong sektor peternakan sapi perah untuk mendorong kualitas dan kuantitas susu segar dalam negeri, sehingga dapat mengurangi ketergantungan impor bahan baku.

“Kami memandang pembangunan pabrik baru FFI dengan investasi sekitar 3,8 triliun rupiah, yang memproduksi susu cair dan susu kental manis dan menyerap banyak tenaga kerja adalah sebuah strategi bisnis yang tepat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan produksi susu olahan yang berkualitas. Kami yakin peluang pasar dan tingkat konsumsi produk susu olahan akan terus tumbuh tinggi ke depannya. Selain itu juga semakin meningkatnya share populasi masyarakat berusia muda terutama generasi Z yang bersifat aktif, dinamis, dan memiliki mobilitas tinggi khususnya di kawasan urban, yang diperkirakan akan mendongkrak permintaan terhadap produk minuman susu yang praktis dan siap dikonsumsi (ready to drink). Kami mengharapkan investasi akan terus dilanjutkan. Setiap investasi harus win-win; investor harus win, pemerintah harus win, dan masyarakat harus win,”  katanya.

Sementara, Presiden Direktur PT Frisian Flag Indonesia Maurits Klavert  mengatakan, pabrik pertama dibangun di Pasar Rebo dan yang kedua di Ciracas Jakarta Timur, dan keduanya masih beroperasi aktif memproduksi produk-produk susu di bawah bendera Frisian Flag.

“Pembangunan pabrik baru ini di Indonesia ini menjadi wujud komitmen FFI kepada masyarakat Indonesia sebagai merek yang telah telah dekat di hati keluarga Indonesia hampir 100 tahun lamanya. Investasi dengan nilai yang cukup besar untuk pembangunan pabrik baru mulai direalisasikan dan menjadi ekspresi kepercayaan perusahaan kepada pemerintah Indonesia. Investasi ini merupakan terobosan besar dan bersejarah bagi FFI dalam rangka mewujudkankomitmen kami untuk menyediakan produk susu bergizi dan terjangkau bagi keluarga Indonesia,” katanya.

Untuk memperkuat komitmennya, PT Frisian Flag Indonesia menerapkan teknologi modern di pabrik Cikarang dengan membangun infrastruktur pendukung yang ramah lingkungan.

“Friesland Campina mengusung misi Nourishing a Better Planet dan secara aktif menjaga kelestarian lingkungan di manapun kami beroperasi. Kami melakukan terobosan teknologi dan inovasi seperti penggunaan Biomass Boiler untuk menghasilkan tenaga uap, pengelolaan air di dalam lingkungan pabrik melalui fasilitas Waste water Recycling, serta menggunakan system atap Solar Panel untuk memanfaatkan sinar matahari. Uap, air, dan panas matahari kami kelola mandiri menjadi sumber energi untuk operasional pabrik. Pendekatan ini sudah kami lakukan di dua pabrik terdahulu, dan di pabrik yang baru ini akan kami tingkatkan pemanfaatannya. Hasilnya adalah energi terbarukan yang membantu kami mengurangi emisi karbon hingga 45%,” tambah Maurits.

Pabrik baru PT Frisian Flag Indonesia Cikarang ini juga akan memiliki fasilitas produksi atau pengolahan produk susu cair siap minum dan susu kental manis yang juga akan di ekspor ke beberapa negara tetangga, sentra logistik dan distribusi, serta perkantoran yang ramah lingkungan.(BA-04)