Berjaya di 2020, Unit Link Allianz Indonesia Akan Tumbuh Positif di 2021

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – NiMade Daryanti, Chief Investment Officer Allianz Life Indonesia mengatakan, meski di tengah Pandemi Covid-19, fund – fund unit link Allianz lebih unggul dibandingkan tolok ukurnya, seperti Smartlink Rupiah Equity Fund yang mampu memberikan imbal hasil -2,51%, lebih baik dibandingkan tolok ukur IHSG yang -5,09%, Smartlink Rupiah Fixed Income Fund +12,15%, lebih baik dari tolok ukur +9,95%, begitu juga dengan Allisya Rupiah Equity Fund -3.83% lebih baik dari tolok ukur Jakarta Islamic Index di – 9,69%.

“Meskipun kondisi pasar volatil di tengah masa pandemi yang menantang, Allianz Indonesia mencatatkan perkembangan imbal balik investasi yang positif di tahun 2020 dengan total dana kelolaan (Asset Under Management/AUM) sebesar Rp 42,70 triliun atau naik sebesar 6,27% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. AUM ini termasuk juga dana kelolaan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Allianz. Dana yang dikelola terdiri dari investasi produk unit link sebesar 55%, asuransi jiwa dan kesehatan sebesar 26% dan DPLK sebesar 19%,” katanya, melalui keteranganya, belum lama ini.

Allianz juga secara aktif memilih instrumen investasi yang berkelanjutan baik dari sisi lingkungan, dampak sosial, dan pengelolaan yang baik (Environment, Social & Governance/ESG) sesuai dengan investment guideline yang diterapkan oleh Allianz Group.  Tujuan kami dalam mengelola asset bukan hanya memberikan imbal hasil yang baik,tetapi juga melakukan investasi yang berkelanjutan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan faktor ESG,” Ni Made menambahkan.

Allianz Indonesia senantiasa menjaga kepercayaan nasabah untuk mengelola asset di 62 jenis fund dengan strategi yang tepat sepanjang tahun 2020. Tiga fund yang paling banyak dipilih oleh nasabah sepanjang 2020, adalah SmartLink Equity Fund dengan dana kelolaan Rp 10,26 triliun, SmartLink Balanced Fund dengan dana kelolaan Rp 2,08 triliun dan SmartLink Fixed Income Fund dengan dana kelolaan sebesar Rp 1,82 triliun.

Allianz Life Indonesia juga meraih empat penghargaan Unit Link Terbaik 2021 dari Majalah Investor dan Infovesta, untuk kategori campuran denominasi mata uang dollar periode 3, 5, dan 10 tahun, SmartLink Dollar Managed Fund, serta untuk kategori saham periode 10 tahun, fund berbasis syariah Allisya Rupiah Equity Fund. Penghargaan ini diberikan karena SmartLink Dollar Managed Fund dan Allisya Rupiah Equity Fund mencatatkan kinerja yang baik dengan hasil imbal balik optimal dan karakteristik risiko yang stabil.

Perkembangan dan pendistribusian vaksin yang mulai dilakukan di awal 2021, likuiditas dari berbagai negara serta sentimen positif dari penerapan Omnibus Law yang akan menunjang iklim dan daya tarik investasi di Indonesiadiharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia.

Meskipun optimisme tahun 2021 akan jauh lebih baik dari tahun lalu, tetap ada risiko yang perlu diperhatikan, antara lain tekanan Geopolitikal AS, pertumbuhan ekonomi dunia yang masih lemah karena lambatnya pemulihan Covid-19, adanya gelombang kasus Covid-19 yang baru, rendahnya realisasi Penanaman Modal Asing dan lemahnya implementasi Omnibus Law, serta pemerintah mengalami penundaan ketersediaan vaksin Covid-19 dan konsumsi yang rendah dari pemerintah dan masyarakat.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here