KCCI Perkenalkan Sejarah Pergerakan 1 Maret

  • Whatsapp

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Setiap tanggal 1 Maret diperingati Hari Pergerakan Kemerdekaan di Korea Selatan. Dalam rangka memperingati Pergerakan 1 Maret, Korean Cultural Center Indonesia (KCCI), di bawah pimpinan Direktur Kim Yong Woon, menggelar acara “Mari Belajar Tentang Taegeukgi”. Acara berlangsung secara daring pada hari Selasa, 2 Maret 2021 di platform Zoom dan disiarkan secara langsung di akun Instagram KCCI (@KCC.ID).

Tanggal 1 Maret adalah hari penting bersejarah di Korea Selatan. Ini merupakan gerakan awal rakyat Korea dalam memperjuangkan kemerdekaan dari penjajah. Sejak tahun 1949, pemerintah Korea menetapkan 1 Maret sebagai hari libur nasional. Tahun ini merupakan peringatan ke-102 tahun.

Bacaan Lainnya

Dalam acara ini, para peserta mendapatkan penjelasan tentang sejarah Pergerakan 1 Maret 1919, termasuk juga tentang Taegeukgi. Pada acara peringatan tahun ini, KCCI mengangkat tema secara spesifik tentang Taegeukgi. Taegeukgi merupakan nama bendera nasional Korea Selatan.

Sebagai bagian dari penjelasan, para peserta diajak membuat Taegeukgi. Para peserta membuat Taegeukgi dari berbagai macam bahan. Ada yang menggambar di kertas menggunakan spidol, cat air, pensil warna, serta ada juga yang membuat Taegeukgi menggunakan kertas warna. Dari 65 peserta di Zoom, dipilih 5 orang yang membuat Taegeukgi secara kreatif.

Selain membuat Taegeukgi, para peserta ditantang membuat puisi akrostik. Syaratnya adalah membuat puisi dengan suku kata awal dari kata Samiljeol atau Sam-il-jeol dan Taegeukgi atau Tae-geuk-gi. Sebanyak 5 peserta memberanikan diri membuat puisi tersebut dan semuanya menggunakan bahasa Korea secara lengkap.

Kedepannya, KCCI akan terus menghadirkan beragam program dan acara terkait Korea, secara khusus yang menyangkut kebudayaan, yang dapat diikuti atau dinikmati oleh masyarakat luas. Informasi mengenai program dan acara KCCI bisa ditemukan di situs web dan berbagai media sosial resmi KCCI.(BA-04)

Pos terkait