BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Bukalapak melalui Buka Mitra Indonesia yang menaungi Mitra Bukalapak, bekerjasama dengan sejumlah perusahaan FMCG terkemuka Indonesia, di antaranya Unilever, Danone, Coca-Cola Amatil, Heinz ABC Indonesia, Garuda Food, Suntory Garuda, dan UltraJaya. Kerjasama ini akan berfokus pada layanan distribusi dan kesediaan stok untuk para mitra bukalapak.
CEO Buka Mitra Indonesia, Howard Gani menyampaikan, terimakasihnya dan mengapresiasi kepercayaa yang diberikan oleh rekan-rekan dari perusahaan FMCG pada Buka Mitra Indonesia. Hal ini merupakan dukungan terhadap upaya Bukalapak untuk mendorong kemajuan digitalisi warung-warung tradisional yang berdampak pada inklusi ekonomi Indonesia.
“Kami optimis kerjasama ini bias makin meningkatkan layanan kami pada Mitra Bukalapak, yang juga akan memperkuat kualitas layanan para Mitra Bukalapak kepada para pelanggan mereka,” ujarnya melalui ketrangannya, Sabtu (7/3/2021).
Hira Triadi, E-commerce Director PT Unilever Indonesia mengaku sejalan dengan Bukalapak dalam hal pemberdayaan UMKM di nusantara.
“Unilever sebagai perusahaan yang ada di Indonesia selama 87 tahun ingin turut berkontribusi secara nyata untuk bias meningkatkan kapabilitas warung agar mampu beradaptasi dengan era digital saat ini. Terlebih bahwa warung yang merupakan bagian dari UMKM memiliki peranan penting bagi kemajuan perekonomian Indonesia. Untuk itu, berbagai upaya telah dilakukan Unilever, salah satunya adalah melalui kemitraan dengan Bukalapak melalui platform Mitra Bukalapak,” ucapnya.
Keinginan yang seirama untuk memberdayakan dan mendukung kemajuan pelaku UMKM juga diekspresikan oleh NartoSunarno, Head of Digital Business Development Garuda Food yang berharap kemitraan ini bisa memberi akses lebih banyak lagi kepada UKM warung agar bias lebih sejajar dan berdaya saing terhadap rekan-rekan mereka yang mempunyai format toko lebih besar.
Hal inilah yang juga menjadi pertimbangan para perusahaan FMCG dalam berkolaborasi dengan Buka Mitra Indonesia. “Seiring dengan pertumbuhan bisnis online dan akses digital di Indonesia, bekerjasama dengan Mitra Bukalapak akan membantu memperluas dan mengembangkan penetrasi produk-produk Suntory Garuda untuk para pelaku usaha kecil serta para konsumen dari berbagai lapisan di seluruh area di Indonesia”, ucap Ong Yuh Hwang, Chief Executive Officer and President Director PT. Suntory Garuda Beverage.
Di sepanjang tahun 2020, Mitra Bukalapak juga melakukan penyediaan produk grosir ke 28 provinsi di Indonesia melalui kerjasama dengan lebih dari 300 distributor lokal, yang jumlahnya telah meningkat sebanyak lebih dari 15 kali lipat sejak awal tahun 2020. Bukalapak juga mencatat kenaikan 50% terhadap jumlah Mitra Bukalapak selama tahun 2020. Saa tini Mitra Bukalapak telah tersebar di lebih dari 500 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.(BA-04)