Rayakan Hari Kreasi Nusantara ke-3, Shopee Dukung UMKM Berpeluang Ekspor

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Shopee Indonesia merayakan Hari Jadi yang Ketiga untuk kanal Kreasi Nusantara ‘Dari Lokal untuk Global’ dengan terus menggencarkan dan mengembangkan berbagai program inovatif guna membantu lebih dari 180.000 pelaku ekspor yang sudah terdaftar di Malaysia, Singapura, dan Filipina. Guna merealisasikan komitmen, Shopee bersinergi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi untuk terus mendorong, mendukung, dan memberikan akses untuk melakukan ekspor untuk UMKM di Indonesia ke luar negeri.

Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa, Pengembangan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia mengatakan, UMKM menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap perputaran roda ekonomi dan ekspor di Indonesia.

“Kami turut senang dan sangat mengapresiasi dukungan penuh terhadap UMKM dari Shopee Indonesia untuk penyaluran program inovatif dan terutama program Ekspor yang diberikan selama ini. Kami berharap, semakin efektifnya perkembangan program yang dijalankan, guna merealisasikan komitmen agar UMKM dapat berkualitas global di tengah literasi penerapan digital saat ini,”: katanya, melalui keterangannya, Jumat (26/2/2021).

ShopeePay dan Kitabisa.com Berbagi Kebahagiaan di Bulan Kasih Sayang Melalui Gerobak Usaha

Radityo Triatmojo, Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia mengatakan, tidak terasa sudah tiga tahun fokus untuk merealisasikan komitmen Shopee dalam senantiasa mendorong dan mendukung UMKM di Indonesia. Pihaknya pun berterimakasih atas  kerjasama dan sinergi dengan berbagai pihak Kementerian dan Instansi Pemerintahan, khususnya Kemendes PDTT dan Kemenkop UKM, atas akses dan peluang positif untuk UMKM Indonesia yang didukung melalui program Shopee.

“Ke depannya, sinergi dengan pemerintah akan terus ditingkatkan guna senantiasa mendukung keberlangsungan UMKM dengan peluang ekspor yang akan menjadi fokus kami di tahun ini, melihat produk pedagang umkm terus masih mendominasi penjualan di Shopee. Shopee juga akan turut berpartisipasi dalam program kolaborasi ‘500.000 Eksportir Baru’ yang menargetkan terwujudnya 500K pelaku eksportir di tahun 2030,” kata Radityo.

Di Hari Jadi yang Ketiga tahun dari Kreasi Nusantara ini, Shopee terus mengembangkan program inovatif yang telah diberikan kepada para UMKM binaan, juga dengan pengembangan program ekspor sebagai peluang positif untuk keberlangsungan bisnis UMKM tersebut.

ShopeePay Tangkap Antusiasme Masyarakat Bayar Tagihan Online 2020

Shopee berfokus untuk menjangkau UMKM di daerah-daerah tertinggal Indonesia untuk memberikan edukasi, pelatihan, dan pendampingan atas penerapan literasi digital, terutama peluang ekspor yang signifikan untuk para UMKM binaan. Hal ini juga diinisiasi sebagai upaya dalam melanjutkan keberhasilan dari pencapaian program Ekspor atas peningkatan transaksi harian hingga 6 kali lipat dalam kurun waktu setengah tahun (Juni 2020 – Januari 2021).

“Kami berharap kedepannya, kanal Kreasi Nusantara yang telah berusia tiga tahun ini dapat semakin berkembang untuk para UMKM binaan Shopee dan berbagai Kementerian terkait, khususnya yang berada di daerah-daerah tertinggal untuk dapat segera mumpuni dalam melakukan program Ekspor ‘Dari Lokal untuk Global’ ke luar Indonesia di negara-negara tempat Shopee beroperasi,” tutup Radityo.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here