Kedubes Korsel Gelar P4G Webinar

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia telah menggelar ‘P4G Webinar’ bersama think tank Indonesia CSEAS (Center for Southeast Asia Studies), Selasa (23/2/2021).

P4G Webinar tersebut dilakukan kurang lebih 100 hari menjelang Konferensi Tingkat Tinggi P4G ke-2 yang dijadwalkan 30 Mei hingga 31 Mei 2021 di Seoul, Korea Selatan.

Webinar tersebut menghadirkan para pakar dari bidang industri dan lembaga swadaya masyarakat, termasuk pejabat pemerintah negara anggota P4G seperti Indonesia, Denmark dan Korea Selatan.

Pidato pembukaan telah disampaikan Menteri Lingkungan Hidup Denmark Lea Wermelin, Menteri Lingkungan Hidup Korea Selatan Han Jeoung Ae dan Menteri PPN/Bappenas Republik Indonesia Suharso Monoarfa.

Menteri Lingkungan Hidup Denmark Lea Wermelin mengapresiasi Indonesia yang memberi dukungan yang tepat untuk P4G Partnership di sembilan bidang, termasuk Women’s Livelihood, pangan, dan pengurangan limbah.

Menteri Lea Wermelin juga menyampaikan harapan agar KTT P4G Seoul dapat berlangsung sukses, sehingga KTT tersebut dapat menjadi batu loncatan untuk kongres COP26 (UN Climate Change

Conference) yang akan digelar akhir tahun ini.

Menteri Lingkungan Hidup Korea Selatan Han Jeoung Ae mengatakan, saat ini masyarakat internasional perlu membangun masyarakat yang lebih baik, bukan sebatas kembali ke era sebelum pandemi Covid-19.

Di samping itu, pembangunan kembali (re-construction) hijau menjadi penting untuk dilakukan masyarakat internasional.

Menurutnya, kedua konsep pembangunan itu akan membawakan peluang untuk mempercepat transformasi ke masyarakat berkelanjutan.

Han juga memaparkan berbagai upaya yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Korea Selatan dalam mewujudkan pembangunan kembali hijau tersebut seperti ‘Green New Deal’ yang dikombinasikan dengan inovasi digital dan deklarasi ‘2050 Republic of Korea Carbon Neutrality Vision.

Menteri Kementerian PPN/Bappenas Suharso Monoarfa menggarisbawahi bahwa Indonesia terus melakukan upaya untuk mengantisipasi perubahan iklim di tengah situasi sulit selama pandemi Covid-19.

Menteri Suharso juga memperkenalkan beragam kegiatan yang dilakukan di Indonesia terkait P4G seperti peresmian platform nasional Indonesia tahun lalu. Sejumlah kebijakan Indonesia untuk mengurangi emisi karbon pun telah disampaikannya.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here