KCCI Cari Penggemar Hallyu Melalui Program Bintangnya Bintang di Sorong dan Maluku

  • Whatsapp

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Pada tanggal 21 Februari, Korean Cultural Center Indonesia(KCCI) di bawah pimpinan Direktur Kim YongWoon mengadakan program ‘Kunjungan Virtual KCCI’ yang bertujuan untuk mempromosikan budaya Korea hingga ke daerah-daerah yang jauh dari ibukota seperti kawasan timur Indonesia.

Selain itu, KCCI juga mengadakan program ‘Bintangnya Bintang’ Regional Preliminary untuk mencari para penggemar Hallyu berbakat di daerah tersebut. Kedua program ini dilakukan bersamaan secara online melalui zoom dan live youtube. Program ini ditujukan untuk para penggemar Hallyu di Sorong dan Maluku yang jaraknya 3,185 kilometer dari Jakarta, ibu kota Indonesia.

Bacaan Lainnya

Walaupun terdapat perbedaan waktu 2 jam dengan Jakarta, namun hal tersebut tidak menjadi penghalang terbukti dengan acara yang ramai diikuti oleh 100 orang peserta zoom dan sekitar 220 orang penonton pada kanal Youtube KCCI. Tercatat ada 370 komentar dan 180 like youtube yang dihasilkan dari acara ini.

Ketua komunitas Hallyu Maluku-Papua mengaku sangat bahagia bisa menikmati kembali budaya Korea setelah sekian lama. Ia juga mengungkapkan perasaan senangnya bisa terlibat dalam perjalanan ‘Hallyu Road’ KCCI dan akan terus menjadi yang terdepan dalam mempromosikan Hallyu bersama peserta yang lain.

Melalui program ‘Kunjungan Virtual KCCI’, KCCI mencoba melakukan komunikasi dua arah melalui materi perkenalan simbol budaya Korea. Pada sesi ini, KCCI mengajarkan peserta cara menulis nama dalam bahasa Korea secara kilat serta mengajak mereka bercerita tentang budaya Korea yang saat ini sedang populer di daerah masing-masing.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan program ‘Bintangnya Bintang’ Regional Preliminary dimana para peserta diberi kesempatan untuk menunjukan bakat mereka melalui keahlian dance atau sing cover mulai dari lagu-lagu k-pop populer masa kini, hingga lagu dari tahun 2000-an, ada pula yang menunjukan kemahiran berbahasa Korea melalui story telling cerita rakyat Korea berjudul ‘The Tree Frog’.

‘Bintangnya Bintang’ dijadwalkan akan diadakan secara online dan offline (bergantung pada situasi pandemi) di sekitar 10 wilayah di Indonesia. Pemenang juara 1 dari setiap wilayah akan diundang hadir dalam program ‘Bintangnya Bintang’ King of The King yang akan diadakan di Jakarta pada akhir tahun 2021. Pada acara tersebut kita akan dapat melihat kolaborasi Hallyu melalui bakat yang luar biasa dari para pemenang.(BA-04)

Pos terkait