Kedubes Korsel Gandeng Think Tank Indonesia Gelar P4G Webinar Bersama

  • Whatsapp

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia akan menggelar Webinar bertajuk “Accelerating P4G Partnership and Indonesian Leadership on Green Growth and Global Goals 2030” pada Selasa (23/2/2020). Webinar tersebut dilakukan bersama dengan think tank Indonesia CSEAS(Center for South East Asian Sutides).

Ajang diskusi ini merupakan pra-acara untuk menyambut penyelengaraan Konferensi Tingkat Tinggi P4G Seoul yang ke-2 yang akan digelar secara virtual, pada 30 Mei hingga 31 Mei tahun ini di Seoul, Korea Selatan.

Pertemuan KTT P4G Seoul akan melibatkan partisipasi beberapa pihak antara lain Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional(PPN/Bappenas) Indonesia dan Sekretariat P4G serta Kedutaan Besar Denmark di Indonesia.

Webinar tersebut diharapkan dapat menjadi sebuah kesempatan bagi seluruh peserta untuk berbagi informasi terkait kebijakan linkungan masing-masing negara dan secara konstruktif bertukar pandangan mengenai peran dan 2 pentingnya P4G.

Kedutaan Besar Republik Korea akan melaksanakan beragam kegiatan sebagai upaya untuk menyukseskan webinar tersebut dan KTT P4G Seoul yang ke-2.

Menteri PPN/Bappenas Republik Indonesia Suharso Monoarfa, Menteri Lingkungan Hidup Korea Selatan Han Jeoung Ae, dan Menteri Lingkungan Hidup Denmark Lea Wermelin dipastikan akan memberikan pidato di acara ini.

Webinar ini juga akan digelar dalam 2 sesi. Pada sesi pertama akan diisi oleh para pejabat negara Korea Selatan dan Indonesia, sejumlah perusahaan di sektor lingkungan, dan para akademisi. Mereka akan memaparkan kebijakan lingkungan kedua pemerintah dan kegiatan pelaku usaha terkait P4G dan berdiskusi secara mendalam.

Duta Besar Bidang Perubahan Iklim dari Kementerian Luar Negeri Korea Selatan Yoo Yeon-chul dalam sesi ini akan menggambarkan kebijakan perubahan iklim di Korea Selatan dan menggarisbawahi makna dan pentingnya penyelenggaraan KTT P4G Seoul yang ke-2.

Sementara pada sesi kedua dikemas dalam bentuk talk show yang dipandu oleh Direktur Global P4G. Para peserta sesi dua ini akan bertukar pandangan mengenai peran P4G dalam menangani perubahan iklim, khususnya tentang sejumlah langkah untuk meningkatkan peranan P4G di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Sesi ini akan dihadiri oleh Presiden Green Technology Center (GTS) Korea Selatan Cheong Byung Ki.

Sedangkan Pidato penutup akan disampaikan oleh Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Park Tae-sung, Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas Arifin Rudiyanto dan Duta Besar Denmark untuk Indonesia Lars Bo Larsen.(BA-04)