Viu Meraih 45 Juta MAU dan 5,3 Juta Pelanggan Berbayar

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Viu, layanan streaming video OTT pan-regional terkemuka dari PCCW, dengan bangga mengumumkan pencapaian penting hari ini. Selain meraih 45 juta MAU (monthly active users) dan 5,3 juta pelanggan berbayar, Viu menduduki posisi teratas dalam kategori jumlah pengguna, serta peringkat kedua untuk pelanggan berbayar dan menit streaming di antara video streaming platform utama di Asia Tenggara, menurut laporan terbaru AMPD Media Partners Asia (MPA).

Pelanggan berbayar tumbuh 47 persen (tahun ke tahun) pada tahun 2020. Viu mencatat pertumbuhan yang tinggi dalam monetisasi dengan overall revenue naik 30%. Pencapaian ini didorong subscription revenue sebagai pendorong utama yang meningkat 62 persen (tahun ke tahun). Viu juga mengungguli tingkat pertumbuhan pasar video OTT di kawasan Asia Tenggara dan Taiwan atau Greater Southeast Asia (GSEA) dengan pertumbuhan pendapatan 63%, dibandingkan pertumbuhan pendapatan di kawasan GSEA secara keseluruhan sebesar 17%, berdasarkan laporan MPA .

Engagement dan pertumbuhan Viu secara keseluruhan didukung beragam konten yang kuat, konten premium dari Asia serta produksi Viu Original yang sukses memenangkan penghargaan, seperti Pretty Little Liars, My Bubble Tea, dan The Bridge Season 2.

Viu merupakan pusat konten Asia, khususnya untuk konten Korea, termasuk drama-drama yang sangat digemari dan tayang secara eksklusif di Viu, seperti Mr. Queen dan True Beauty. Keduanya merupakan drama peringkat teratas di Viu di kawasan Asia Tenggara saat ini. Drama populer lain yang juga memiliki performa sangat baik adalah The Penthouse, Alice, Tale of the Nine Tailed dan Lie After Lie.

Selain rekam jejak yang luar biasa pada konten Korea, serial Viu Original juga sangat disukai Viu-ers dan menduduki peringkat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa konten Viu Original memiliki performa sehebat drama-drama berlisensi dari pan-regional.

Viu Original telah meraih total 33 penghargaan di Asian Academy Creative Awards 2020, termasuk Best Drama Series, Best Actress in a Leading Role, Best Cinematography, Best Direction (Fiction) dan Best Sound untuk Pretty Little Liars di Indonesia. My Bubble Tea merebut Best Actor in a Supporting Role, Best Original Program dan Best Theme Song untuk Thailand serta The Bridge Season 2 memenangkan Best Actor in a Leading Role, Best Actress in a Leading Role dan Best Adaptation of an Existing Format untuk Malaysia. Pretty Little Liars juga memenangkan Best TV Format Adaptation di Asia pada 2020 ContentAsia Awards.

Janice Lee, Chief Executive Officer Viu dan Managing Director PCCW Media Group, mengungkapkan, “Pengalaman kami melalui engagement dan interaksi dengan Viu-ers di 16 negara sangat luar biasa dan telah membantu kami terus meningkatkan layanan. Kami berterima kasih atas dukungan Viu-ers dan sangat bersemangat untuk menghadirkan lebih banyak konten terbaik kepada mereka di tahun 2021.”

Viu siap merilis lebih dari 10 drama Korea menarik sepanjang Februari dan Maret, di antaranya River Where the Moon Rises, The Penthouse 2, Times, Mouse, L.U.C.A: The Beginning, Dear. M, Great Real Estate, Summer Guys, Love Scene Number dan Breakup Probation, A Week.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here