KoinWorks Dorong UKM Atur Manajemen Cash Flow Untuk Jaga Stabilitas Bisnis di New Normal 2021

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Menjaga kestabilan bisnis menjadi salah satu upaya yang dilakukan para pelaku usaha di masa pandemi. Dan, manajemen cash flow dianggap sebagai kunci yang perlu diperhatikan usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM), terutama pada tahun 2021.

Chief Operating Officer KoinWorks Bernard Arifin mengatakan, pada dasarnya manajamen keuangan merupakan sesuatu yang krusial bagi setiap individu bukan hanya pelaku bisnis. Namun, bagi pengusaha, tidak hanya stabilitas bisnis yang bisa didapatkan ketika pengelolaan arus kas baik tetapi juga peluang pengembangan bisnis.

“Pengelolaan keuangan yang baik terlihat dari kelancaran cash flow. Hal ini bisa memberikan sejumlah keuntungan seperti memprediksi kondisi shortfall pada bisnis, kemudahan pengambilan keputusan, hingga kemudahan pengembangan usaha dengan pengajuan kredit atau kolaborasi karena reputasi perusahaan baik,” tutur Bernard.

Pelaku UKM di Indoensia masih sering mengalami masalah dalam pengaturan keuangan. Biasanya, ini terjadi karena mencampur rekening pribadi dengan rekening bisnis. Padahal, memisahkan dana pribadi dan bisnis sangat penting.

Kesulitan lain yang dihadapi adalah tertunda atau lambatnya pembayaran invoice dari pelanggan. Sehingga, uang yang telah dikeluarkan sebagai modal tidak dapat segera dikembalikan untuk kebutuhan usaha.

KoinWorks menghadirkan solusi untuk permasalahan tersebut dengan pembiayaan produktif seoerti KoinP2P yang ada pada aplikasi mereka. Layanan ini bisa dimanfaatkan pelaku UKM untuk mendapatkan alternatif pembiayaan melalui skema invoice financing, yaitu pembiayaan yang memanfaatkan invoice sebagai jaminan dan memberikan fleksibilitas pada UKM dalam mengatur arus kas.

Inovasi lain yang hadir sebagai solusi bagi UKM adalah KoinGaji. Dengan produk ini, pelaku usaha bisa memberikan opsi kepada karyawan untuk mencairkan gajinya lebih awal (salary advance) tanpa mengganggu arus kas perusahaan.

Layanan dan produk dari KoinWorks ini bisa dimanfaatkan para pelaku UKM. Hal ini membantu mereka mengelola keuangan secara digital, terintegrasi, dan ringkas.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here