Pelajar Indonesia di Korea Berbagi Cerita Musim Dingin di Korean Culture Day

  • Whatsapp

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) kembali melaksanakan program bulanan bernama Korean Culture Day. Dalam edisi pertama pada tahun 2021 mengangkat tema ‘Musim Dingin di Korea’. Pelaksanaan acara bekerja sama dengan Persatuan Pelajar Indonesia di Korea atau PERPIKA.

Acara yang berlangsung pada Sabtu (30/1/2021) di platform ZOOM ini diikuti lebih dari 200 peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Pada bulan Januari masih berlangsung musim dingin di Korea dan itulah yang menjadi inspirasi pemilihan tema acara. Dalam acara ini ingin memperlihatkan musim dingin di Korea dari sudut pandang mahasiswa Indonesia.

Acara dibuka dengan kata sambutan dari Direktur Korean Cultural Center Indonesia, Kim Yong Woon, serta Presiden PERPIKA Dimas Harris. Pada kesempatan ini, Direktur KCCI menceritakan tentang pengalaman musim dingin terdingin yang pernah dialami. Dilanjutkan dengan cerita oleh tiga narasumber dari PERPIKA, yaitu Raja Riza Amanda Putri di Pulau Jeju, Ilham Abdul Latief di Busan, dan Tiara Maya Azizah di Seoul.

Amanda yang sedang menempuh pendidikan di Jeju National University menjelaskan tentang kegiatan yang bisa dilakukan saat musim dingin di Pulau Jeju. Dua contoh hal menarik yang banyak dilakukan adalah memetik jeruk di Kebun Botani dan makan es krim. Di Busan, Ilham menyampaikan,walau intensitas turun salju sangatlah rendah tapi Busan juga memiliki tempat wisata ski salju. Hal menarik lain yang bisa ditemui adalah festival lampu tahunan di Haeundae.

Selain itu, makanan dan minuman yang banyak ditemui saat musim dingin adalah yang memiliki buah strawberi di dalamnya. Sementara itu, Tiara menceritakan salju di Seoul saat musim dingin biasanya sangat lebat maka itu orang harus berhati-hati karena jalanan akan menjadi sangat licin. Salah satu kegiatan musim dingin di Seoul adalah ice skatingdi Seoul City Hall.

Peserta acara pun mengikuti acara dengan antusias. Banyak pertanyaan yang diajukan kepada narasumber terkait suasana dan cara menghadapi musim dingin di Indonesia.

Melalui acara ini, KCCI ingin memberikan informasi mengenai musim dingin di Korea dari sudut pandang yang berbeda-beda, khususnya dari kacamata sebagai pelajar asing yang sedang tinggal di Korea. Selain itu, berharap dapat sedikit mengobati kerinduan para penggemar Korea yang masih belum bisa berkunjung ke Korea akibat pandemi COVID-19.

Pos terkait