Sebar Budaya K-Food Melalui Kimchi Experience

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Korean Cultural Center Indonesia (KCCI), sebagai pusat informasi budaya Korea, terus berusaha mempromosikan budaya Korea melalui program-program menarik. Selain K-pop dan K-drama, salah satu aspek budaya yang dipromosikan adalah Hansik atau yang biasa kita sebut K-Food. Kepopuleran K-Food tentu tidak terlepas dari peran besar Kimchi. Makanan khas Korea yang satu ini dengan cepat menarik hati masyarakat Indonesia karena rasanya yang familiar dan cocok disantap dengan makanan Indonesia lainnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada akhir 2020, KCCI bekerja sama dengan Komunitas Makanan Korea menyelenggarakan acara bertajuk Kimchi Experience berskala kecil dengan tujuan memberikan kesempatan kepada beberapa perwakilan pecinta Hallyu untuk merasakan sendiri pengalaman membuat Kimchi khas Korea.

Pada acara tersebut, KCCI mengundang Jun Chef, seorang chef Korea terkenal, pemilik restoran makanan Korea di Jakarta sebagai pemandu pembuatan Kimchi. Peserta kali ini adalah pecinta hallyu perwakilan dari ‘Koreanet Honorary Reporters’ berjumlah 15 orang.

Setelah menyaksikan demo dari Chef Jun, para peserta dituntun mengikuti seluruh proses pembuatan kimchi sawi putih, mulai dari memotong bahan hingga mengaplikasikan bumbu. Sehubungan dengan pandemi covid-19, acara ini berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Keseluruhan acara diabadikan dalam bentuk video dan diunggah pada laman youtube milik KCCI.

Kimchi yang sudah dihasilkan dari program ini dibagikan kepada kalangan kurang mampu. Kimchi Experience bersama KCCI menyumbangkan kimchi-kimchi tersebut ke lima tempat di jakarta seperti panti asuhan, pemukiman kumuh, dan tempat-tempat lain dengan tujuan selain menumbuhkan rasa kemanusiaan, KCCI berharap kenikmatan dan rasa khas makanan Korea ini dapat dirasakan hingga ke semua kalangan masyarakat Indonesia.

Ke depannya, KCCI akan terus mempromosikan Kimchi sebagai bagian dari budaya Korea melalui program-program yang menarik. Tentunya hal ini dilakukan agar Kimchi semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here