Belanja Aman dan Sehat, IKEA Terapkan Prokes Ketat

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Pandemi Covid-19 di Indonesia sudah berlangsung hampir satu tahun. Keadaan ini mendorong masyarakat untuk mengubah kebiasaan sehari-hari dengan lebih mematuhi protokol kesehatan. Pemerintah juga terus mengimbau masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan di mana pun berada, khususnya saat mengunjungi tempat umum termasuk tempat berbelanja. Karena itu, pelaku usaha seperti IKEA memiliki peran penting untuk mengedepankan protokol kesehatan guna menghadirkan pengalaman belanja yang sehat dan aman bagi para pelanggan.

Di IKEA, Kesehatan dan keamanan pelanggan dan co-worker adalah prioritas utama. “Sejak awal pandemi, IKEA sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan selalu mengingatkan pengunjung dan co-worker untuk menerapkan beberapa poin penting seperti 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak selama berada di toko,” ungkap Communication and Community Manager IKEA Indonesia, Metha Tri Rizka. “Selain itu, kami juga membentuk Duta Covid yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan melaporkan seluruh update terkait implementasi protokol kesehatan dan operasional di area toko. Kami ada bersama dengan pemerintah untuk melakukan segala upaya demi menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia,” tambahnya.

Dengan menerapkan hal ini, IKEA yakin bahwa para pelanggan dapat berbelanja keperluan perabot rumah tangga dengan tenang dan aman. Yuk, simak protokol kesehatan yang diterapkan IKEA selama masa pandemi Covid-19!

1.Pengurangan jumlah pengunjung dan pembatasan usia di Toko IKEA.

Salah satu poin penting yang perlu diperhatikan di tengah pandemi saat ini adalah mengurangi kerumunan. IKEA mengatasi hal ini dengan mengurangi jumlah pengunjung di toko agar jarak aman selalu terjaga. Hanya pengunjung berusia 5–60 tahun yang diperkenankan masuk toko.

Selain itu, para pengunjung, co-worker, dan vendor juga diwajibkan untuk mengisi Health Declaration Form setelah pengecekan suhu badan di pintu masuk toko.

IKEA juga selalu tunduk dengan peraturan pemerintah yang berlaku. Salah satunya adalah pembatasan jam operasional toko selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yaitu hingga pukul 19.00 WIB. Selain itu, di IKEA Alam Sutra, Ibu hamil dan lansia belum diperkenankan untuk memasuki area toko sesuai dengan PERWAL Kota Tangerang No. 2  tahun 2021, Pasal 14A. Bagi pengunjung yang memiliki kondisi kesehatan kurang baik seperti diabetes, masalah jantung, tekanan darah tinggi juga dianjurkan untuk tetap tinggal di rumah.

2.Menerapkan protokol kesehatan 3M

Selain mengurangi jumlah pengunjung yang berada di dalam toko, IKEA juga mewajibkan pelanggan dan co-worker untuk selalu menerapkan protokol 3M. IKEA sudah menyediakan area cuci tangan dan hand sanitizer di titik-titik toko, sebelum memasuki toko, pengunjung wajib mencuci tangan terlebih dahulu. Toko IKEA juga merupakan area wajib masker dan dilengkapi dengan arahan jaga jarak aman di setiap antrean, tempat duduk, dan lain-lain. IKEA secara berkala mengumumkan protokol 3M di toko, agar penerapan protokol kesehatan bisa terlaksana dengan maksimal.

3.Area bermain anak ditutup sementara

IKEA juga menutup area bermain anak sementara waktu. Hal ini dilakukan sebagai upaya meminimalkan kerumunan dan kontak fisik di fasilitas umum. Meskipun demikian, IKEA selalu peduli dengan hak bermain. Maka dari itu, IKEA menyediakan solusi dan inspirasi untuk kegiatan bermain dengan anak di rumah yang dapat dilihat di situs ikea.co.id/in/ayo-main.

4.Nikmati makanan IKEA sambil bersantai dirumah

IKEA Food tetap dibuka dengan peraturan protokol kesehatan yang ketat. Tetapi, untuk pelanggan yang ingin menikmati makanan dari IKEA Food di rumah, saat ini menu-menu menggugah selera seperti Swedish Meatballs, Fish and Chips, Mushroom Soup, dan berbagai macam pastry sudah dapat dinikmati di rumah. Caranya, pelanggan dapat memesan makanan IKEA Food melalui drive thru, Whatsapp, take away dan GoFood. Lebih mudah bukan?

5.Pelanggan dapat berbelanja secara online

Pandemi Covid-19 mengharuskan berbagai pihak untuk beradaptasi, termasuk IKEA yang terus mengembangkan layanan digital bagi para pelanggannya. Pelanggan dapat berbelanja produk produk IKEA secara online melalui website IKEA.co.id atau aplikasi IKEA Indonesia dengan memilih opsi layanan pengiriman baik berupa home delivery atau click and collect dengan hanya menunjukan web order di tempat pengambilan barang yang telah dipilih. Hal ini merupakan upaya IKEA untuk meningkatkan aksesibilitas akan produk-produk IKEA dan memudahkan pelanggan untuk membeli produk IKEA dari rumah.

IKEA menerapkan protokol kesehatan ketat untuk menghadirkan pengalaman belanja yang sehat dan aman bagi pengunjung. Sejalan dengan visi IKEA, melalui upaya ini IKEA ingin menciptakan kehidupan sehari hari yang lebih baik bagi banyak orang. Pada akhirnya, IKEA yakin pelanggan dapat merasa aman dan nyaman ketika berbelanja kebutuhan perabot rumah. Untuk informasi lebih lanjut terkait penerapan protokol kesehatan di toko IKEA, pelanggan dapat mengunjungi website IKEA melalui link: https://www.ikea.co.id/in/informasi-virus-corona.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here