Monash University Jadi Kampus Asing Pertama yang Operasikan Kampus di Indonesia

  • Whatsapp
mahasiswa
Ilustrasi mahasiwa

JAKARTA, BISNISASIA.CO.ID – Monash University Indonesia telah menerima surat izin beroperasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan mengumumkan status badan hukum resminya untuk beroperasi sebagai perguruan tinggi asing pertama yang memiliki kampus di Indonesia.

Yayasan Monash University Indonesia atau “Monash Indonesia” akan menjadi kampus pascasarjana yang berfokus pada penelitian dan memiliki jaringan hubungan industri.

Bacaan Lainnya

Program yang ditawarkan adalah jenjang pendidikan S2 (Magister) dan S3 (Ph.D.), serta program eksekutif dan sertifikasi keahlian.

President & Vice-Chancellor Monash University Margaret Gardner AC mengatakan peresmian badan hukum dan penerimaan surat izin operasi tersebut merupakan langkah penting untuk meneruskan komitmen Monash University dalam membangun kampus pertama di Indonesia

“Kampus Monash University Indonesia yang akan beroperasi pada 2021, akan memperluas kehadiran internasional kami, menciptakan kolaborasi riset global, sekaligus memungkinkan mendorong program pengembangan kapasitas profesional dan menghadirkan kesempatan komersial di Industri.

Kehadiran kampus di Indonesia ini akan memperkuat jaringan pengajaran kami yang sebelumnya sudah mencakup Australia, Italia, Malaysia, China dan India,” kata Profesor Gardner.

Platform Berbasis Cloud Mendemokratisasi Perangkat Lunak Bisnis UMKM

Monash Indonesia akan menawarkan peluang baru untuk mobilitas mahasiswa dan staf secara global, serta mendorong kolaborasi riset lintas negara dengan universitas yang berbasis di Indonesia serta mitra industri.

Hal tersebut sejalan dengan tingginya kebutuhan pasar terutama di sektor data sains dan teknologi digital; infrastruktur dan desain perkotaan, industri dan kewirausahaan kreatif, kebijakan dan kesehatan publik.

Kolaborasi ini didasari oleh proyek kolaborasi riset yang sudah terjalin sebelumnya antara Monash dan Indonesia seperti RISE dan WMP.

Senior Pro Vice-Chancellor Monash University, Professor Andrew Macintyre, yang juga penanggung jawab kemitraan Monash University di Asia Tenggara menambahkan, misi Monash Indonesia adalah untuk memberikan kontribusi yang kuat dalam perkembangan sosial, ekonomi, dan teknologi Indonesia secara lebih lanjut.

Pengumuman ini selaras dengan rencana lanjutan kami untuk merancang sebuah tempat belajar berteknologi mutakhir yang berlokasi di kawasan baru yang sedang berkembang, modern, serta berkelanjutan,” katanya.

Mendikbud RI Nadiem Makarim menyambut baik langkah selanjutnya dari proses pendirian kampus Monash University di Indonesia.

“Penguatan sistem pendidikan Indonesia merupakan prioritas utama bagi kami di Indonesia dan kehadiran Monash merupakan dukungan sekaligus bentuk akselerasi terhadap upaya tersebut. Hal ini juga menjadi perwujudan eratnya hubungan Indonesia-Australia dalam lingkup sosial, ekonomi dan teknologi,” kata Mendikbud.

Gedung kampus Monash Indonesia tersebut akan berlokasi di BSD City, tepatnya di Green Office Park 9.

Kuliah S1 Kurang dari 3 Tahun di Australia Melalui Pathway Program

Dengan mengusung konsep yang ramah lingkungan dan didukung teknologi digital termutakhir, kampus tersebut juga akan memiliki perpustakaan digital paling inovatif di Indonesia.

Monash University Indonesia juga dipastikan bakal menjalin kerja sama yang erat dengan pelaku industri “Pemilihan lokasi yang berada di hub industri sejalan dengan upaya kami agar mahasiswa kami mendapat akses terhadap perusahaan-perusahaan mitra, kesempatan bekerja, serta para pemimpin di industri,” kata Profesor Gardner.

Sementara itu CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja menyambut baik kehadiran Monash Indonesia, “Kami dengan bangga menyambut Monash University di BSD City yang dikenal sebagai rumah bagi institusi pendidikan paling terkemuka. Terlebih, kami merasa terhormat dan mendukung Monash University sebagai universitas asing pertama di Indonesia yang tentunya semakin memungkinkan pelajar-pelajar Indonesia untuk mengakses pendidikan kelas dunia. “

Monash Indonesia merupakan universitas internasional pertama yang akan berdiri di Indonesia, sebuah bentuk bukti hubungan baik antara Australia dan Indonesia. Baik pemerintah bagian Victoria, Australia dan Indonesia sepenuhnya mendukung pendirian kampus Monash Indonesia untuk meningkatkan kontribusi mutual yang kuat dan istimewa bagi kedua negara. (BA-01)

Pos terkait