Gojek Terpilih sebagai Juara Pertama di UN Women 2020 Asia-Pacific WEP Awards

Ilustrasi Gojek

JAKARTA, BISNISASIA.CO.ID – Perusahaan super-app karya anak bangsa terpilih sebagai juara pertama di ajang penghargaan “UN Women 2020 Asia-Pacific Women Empowerment Principles” untuk kategori Community and Industry Engagement.

Sebagai juara pertama tingkat nasional, Gojek akan mewakili Indonesia di ajang penghargaan di tingkat Asia Pasifik pada tanggal 15 Desember di Bangkok, Thailand.

Gojek juga merupakan satu-satunya perusahaan teknologi dengan layanan transportasi online yang mendapatkan juara satu di ajang penghargaan ini.

Penghargaan ini diberikan untuk inisiatif Perempuan #AmanBersamaGojek yang berfokus untuk menciptakan budaya aman di ruang publik.

Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan standar keamanan platform digital, khususnya layanan transportasi online, untuk pelanggan dan mitra perempuan. Inisiatif ini berfokus pada tiga pilar, yaitu teknologi, proteksi, dan edukasi.

Konsumen Makin Aman dan Nyaman Naik Gojek dengan Inovasi J3K Terbaru

“Keamanan merupakan salah satu penghambat terciptanya pertumbuhan yang berkeadilan di Indonesia, khususnya untuk perempuan.

Menurut laporan UN Women tentang audit keamanan di Jakarta pada tahun 2018, perempuan yang tinggal di area perkotaan rentan mengalami kekerasan di ruang publik, khususnya saat sedang bepergian di malam hari.

Oleh karena itu, Gojek mengambil bagian untuk menciptakan budaya aman di ruang publik agar setiap orang, termasuk perempuan merasa aman untuk bepergian dan berkarya,” ujar Nila Marita, Chief Corporate Affairs Gojek.

Dari pilar teknologi, Gojek memastikan keamanan pelanggan dan mitra driver perempuan saat menggunakan aplikasi, melalui serangkaian fitur yang diberi nama Gojek SHIELD.

Memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan, serta dioperasikan oleh tim keamanan digital kelas dunia, Gojek SHIELD berusaha memastikan keamanan dari sebelum memulai perjalanan, selama perjalanan dan pada saat darurat.

Fitur tersebut diantaranya: verifikasi wajah mitra, penyamaran nomor telepon – baik pelanggan maupun mitra driver, fitur bagikan perjalanan, serta tombol darurat yang terhubung dengan Customer Care dan Unit Darurat yang siaga 24/7 dan mengadopsi perspektif korban.

Sampoerna Perkuat Sinergi bersama Gerakan Pakai Masker

Gojek tidak hanya berusaha memastikan keamanan pengguna terutama perempuan melalui teknologi di dalam aplikasi Gojek saja, tetapi juga melakukan serangkaian upaya di luar aplikasi, melalui pilar proteksi dan edukasi. Dua inisiatif utama sebagai perwujudan komitmen ini ditandai oleh peluncuran Zona Aman Bersama Gojek dan pelatihan active bystander dengan Hollaback! Jakarta, untuk para mitra GoRide dan GoCar.

Berdasarkan evaluasi pelatihan active bystander, 99% dari peserta mitra-driver mengatakan bahwa pelatihan tersebut bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan mereka tentang kekerasan seksual dan cara untuk membantu korban.

Pemilihan pemenang dilakukan oleh panel juri independen yang terdiri dari berbagai pakar kesetaraan gender dalam bisnis, seperti Erna Witoelar (UN Special Ambassador for Millenium Development Goals in Asia Pacific tahun 2003-2007), Anne Valko Celestino (Asian Development Bank), Josephine Satyono (Indonesia Global Compact Network), Maya Juwita (Indonesia Business Coalition for Women Empowerment), dan Sagita Adesywi (UNDP). (ba-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here